Apa Saja Manfaat Air Tanah Bagi Kehidupan?

Air merupakan kebutuhan pokok manusia. Tanpa air manusia tidak bisa bertahan hidup. Air yang sering kita konsumsi adalah air tanah. Pernahkah kalian mendengar air resapan ? Air resapan tersebut berasal dari air hujan maupun air permukaan yang teresap oleh tanah sehingga sampai di muka tanah. Berikut adalag manfaat dari air tanah bagi manusia :
  1. Pemenuh kebutuhan hidup

Kehidupan manusia tak bisa lepas dari air. Manusia bisa saja tidak makan dalam kurun waktu tertentu, tapi manusia bisa mati jika tidak minum air. Manusia biasa memanfaatkan air tanah untuk keperluan air minum, mandi, mencuci, memasak dan kebutuhan lainnya. Pada umumnya, setiap rumah dilengkapi dengan sumur air tanah. Warga dapat membuat sumur tanah yang berkedalaman 5 hingga 15 meter. Kedalaman tersebut sesuai dengan daerah tempat tinggal atau kondisi tanah daerah yang akan dibuat sumur.

Tidak semua air yang dihasilkan dari sumur air tanah atau sumu bor layak untuk dikonsumsi. Air tanah kadang berbau dan berwarna keruh. Air yang seperti itu sebaiknya tidak dikonsumsi karena dapat menimbulkan penyakit seperti diare dan penyakit kulit. Agar hal tersebut tidak terjadi, kita harus memperhatikan lokasi pembuatan sumbur bor. Lokasi sumur harus cukup jauh dari septic tank dan tempat pembuangan sampah.

 

  1. Sebagai irigasi

Irigasi merupakan hal yang penting dalam bidang pertanian. Jika curah hujan rendah, para petani membutuhkan sistem irigasi untuk mengairi sawah. Sistem irigasi tersebut harus didukung dengan ketersedian air yang cukup. Salah satu solusi dari permasalahan ketersediaan air untuk irigasi adalah keberadaan air tanah. Para petani dapat membuat sumur bor kemudian memompa air dari dalam sumur menuju ke permukaan tanah untuk kemudian di alirkan ke sawah- sawah mereka.

 

  1. Penyedia air bersih

Manfaat lain dari air tanah adalah sebagai penyedia air bersih secara alami. Air tanah tertutup di dalam lapisan tanah dan terlindungi oleh batu- batuan. Lokasinya yang berada di dalam tanah, serta telah melewati beberapa batuan menjadikan air tanah sebagai sumber air yang tidak perlu di filter lagi karena bebatuan di dalam tanah sudah menjadi penyaring alami bagi tanah, sehingga kebersihan air tanah pun terjamin. Ciri ciri air tanah yang baik dan bersih yaitu airnya tidak keruh (jernih), tidak berasa dan tidak berwarna, mempunyai PH netral, kesadahan air rendah dan tidak mengandung bakteri yang berbahaya seperti bakteri E coli.

Sementara itu, air permukaan lebih rentan terhadap pencemaran air karena tidak terlindungi oleh media lain. Meski demikian bukan berarti air tanah tidak bisa tercemar. Air tanah tetap bisa tercemar jika manusia tidak bijak dalam merawat lingkungan.

  1. Sebagai pembangkit listrik

Seperti kita ketahui bahwa air merupakan salah satu pembangkit listrik, atau lebih sering disebut dengan PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Pada umumnya, PLTA memanfaatkan air tanah permukaan yaitu berupa waduk, danau atau sungai. Akan tetapi ada juga PLTA yang memanfaatkan air tanah sebagai sumber pembangkit listrik.

Contohnya di daerah Gombong Selatan. Masyarakatnya memanfaatkan air sungai bawah tanah untuk membuat sumber listrik sendiri. Daerah tersebut memang belum tersentuh oleh teknologi listrik dari PLN sehingga warganya berinisiatif untuk menerangi rumah- rumah mereka dengan membuat pembangkit listrik sendiri yang bersumber dari aliran air sungai bawah tanah. Untuk membuat pembangkit tenaga listrik sendiri, warga dapat membuat rumah daya atau power house yang berisi turbin, transformator dan generator. Aliran sungai bawah tanah yang dibendung dapat dipompa menuju atas. Setelah itu, air dapat dialirkan menuju rumah daya dan akhirnya menjadi penggerak bagi turbin untuk menghasilkan listrik.

 

  1. Sebagai laboratorium alam

Lokasi air tanah yang dapat dilihat dengan jelas adalah gua. Keberadaan sungai bawah tanah di dalam gua dapat dijadikan laboratorium alam oleh para peneliti. Letaknya yang agak terbuka, membuat sumber air tanah di gua cukup mudah untuk diteliti. Banyak hal yang dapat dieksplor oleh para ahli. Hal itu dikarenakan terdapat banyak organisme unik yang mendiami sungai bawah tanah. Tidak hanya organisme penghuni sungai bawah tanah yang dapat dieksplor. Gua yang melindungi sungai tersebut juga dapat dieksplor. Eksplorasi gua tersebut berhubungan dengan ilmu geografi karena gua banyak menyimpan batuan kristal seperti stalakmit dan stalaktit.

  1. Sebagai tempat wisata

Bagi para penggemar wisata alam dan petualangan, air tanah yang berupa sungai bawah tanah dapat dijadikan alternatif tempat wisata. Wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas seperti black water rafting dan diving di dalam sungai bawah tanah yang dalam. Salah satu sungai bawah tanah yang mulai dikelola yaitu sungai bawah tanah di salah satu gua yang berada di Propinsi Kalimantan Selatan.

 

  1. Pemenuh kebutuhan industri

Industri juga memerlukan air sebagai bahan baku mereka. Salah satu industri yang banyak memanfaatkan sumber air tanah adalah industri air minum dalam kemasan. Selain itu industri lain seperti industri batik juga memerlukan banyak air dalam proses pembuatan kain batik. Pemenuh kebutuhan air industri tersebut tak lain adalah sumber air tanah.

Demikian pembahasan tentang manfaat air tanah. Begitu banyak manfaat air tanah yang telah diuraikan dan bisa dirasakan oleh manusia. Alangkah baiknya jika kita bisa melindungi air tanah dari pencemaran dan juga melestarikannya dengan cara melakukan konservasi air tanah. Cara menjaga kelestarian air tanah dapat dilakukan dengan membuat sumur resapan air hujan dan mengurangi produksi limbah pencemar air tanah. Jika keberadaan air tanah terjaga maka kelangsungan hidup kita sebagai manusia juga akan terlindungi.

 

Terima kasih sudah mengunjungi website kami. Semoga bermanfaat dan sukses selalu ­čÖé

 

 

Related Posts

  • 90
    Pasti Anda sering mengalami saluran air Anda mampet bukan? Bukan hal yang baru lagi jika membicarakan soal saluran air mampet. Semua orang pasti pernah mengalami hal ini. Nah, saluran air mampet tidak boleh dibiarkan, sangat disarankan jika segara memperbaikinya. Sebelum kita membahas cara memperbaikinya, yuk kita simak dulu apa saja…
    Tags: saluran, mampet, air, dan, yang, wc, sedot, tukang, sleman, bantul
  • 90
    ALAT SALURAN AIR MAMPET Alat Saluran Air Mampet - Pernahkah Anda mengalami saluran air dirumah Anda mampet? Pastinya hal ini sangat menjengkelkan bukan? Apalagi kita tidak punya alat saluran air mampet sendiri. Alhasil kita menggunakan alat seadanya untuk mengarahi saluran air mampet. Tahukah Anda, cara tersebut justru akan memperparah saluran…
    Tags: air, saluran, yang, dan, mampet, wc, sedot, sleman, tukang, bantul
  • 88
    Air merupakan sumber kehidupan manusia. Jika tidak terdapat air, tentu saja akan meresahkan warga masyarakat. Biasanya berkurangnya jumlah air ini terjadi pada musim kemarau. Musim kemarau ini merupakan musim yang sangat mengkhawatirkan bagi warga yang mengandalkan air dari air tanah atau air sumur. Nah, sebenarnya apa saja yang menyebabkan sumur…
    Tags: air, yang, tanah, wc, sedot, mampet, sleman, saluran, tukang, bantul
  • 87
    PENGGUNAAN GAYUNG LEBIH SEHAT DARIPADA SHOWER, KOK BISA? Penggunaan Gayung Lebih Sehat Daripada Shower - Bisanya kalian mandi menggunakan gayung atau shower? Mungkin di jaman dulu kebanyakan orang mandi dengan menggunakan gayung, akan tetapi seiring dengan perkembangan jaman, orang sekarang menggunkan shower untuk mandi. Kelebihan dari shower ini adalah praktis…
    Tags: yang, dan, wc, sedot, mampet, sleman, saluran, tukang, bantul, jasa
  • 86
    Di artikel sebelumnya sudah kita bahas tentang manfaat air tanah. Sepertinya kita meninggalkan pengetahuan yang satu ini. Iya, jenis air tanah. Air tanah ini terdiri dari beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut :   1. Air Tanah Freatik   merupakan air tanah dangkal, contohnya air sumur yang terletak di antara air…
    Tags: air, tanah, yang, wc, sedot, mampet, sleman, saluran, tukang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Posted by: niken swastika on

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

WhatsApp chat