Berapa Kedalam Ideal Pada Sumur Bor?

Berapa kedalaman ideal pada sumur bor? Mungkin ini adalah pertanyaan umum yang semua orang akan pertanyakan. Sumer mata air terbaik dapat ditemukan dengan membuat lubang sumur bor. Pada kedalaman tanah berkisar antara 6 meter hingga 10 meter pada wilayah daerah dataran rendah kita akan mendapatkan sumber mata air tanah yang memiliki kualitas sedang.

Sumber mata air yang didapat belum memiliki kualitas yang bagus layak konsumsi namun memiliki kualitas sedang dapat disebabkan oleh memungkinkannya masih ada unsur air resapan dalam sumber air dari lingkungan sekitaran pengeboran.
Wilayah rawan banjir merupakan lokasi yang bisa kita pastikan memiliki ketersediaan air tanah yang melimpah ruah namun pada daerah ini biasanya kategori sumber air pada sumur bor memiliki kualitas yang buruk untuk dikonsumsi
Kita akan sangat kesulitan untuk menemukan lokasi sumber air tanah pada dataran tinggi bahkan memerlukan pengeboran sumur hingga pada kedalaman 20 an meter lebih dan masih belum bisa maksimal umumnya namun pada daerah dataran tinggi ini memiliki kualitas air tanah yang sangat bagus untuk konsumsi dibandingkan dengan sumber air tanah sumur bor pada daerah dataran rendah.

 

Membuat sumur yang baik untuk air kualitas layak konsumsi

Kita bisa mendapatkan sumber air tanah yang berkualitas istimewa, baik itu pengeboran sumur pada daerah dataran rendah maupun pada daerah dataran tinggi karena yang perlu diperhatikan cara atau teknis pengeboran sumur yang benar.
Anda dapat menemukan artikel kami seputar cara menemukan sumber air tanah yang bagus karena Struktur lapisan tanah sangat penting untuk dipahami oleh seorang ahli sumur bor bila hendak mendapatkan sumber air yang baik pada setiap titik lokasi pengeboran sumur pada tiap lapisan tanahnya.

 

Wilayah dataran rendah sebagai pilihan lokasi pembuatan sumur bor

Kualitas air yang bisa kita dapatkan dari hasil pengeboran sumur dapat memiliki kualitas yang bervariasi, salah satu tanda bahwa kualitas air yang kita dapatkan baik dapat diketahui dengan ciri apabila air tanah yang kita dapatkan saat pengeboran masih bercampur dengan lumpur tanah dapat dikatakan bahwa kualitas air yang ada masih kurang begitu baik atau belum layak untuk dikonsumsi dan perlu diperdalam lagi pengeboran hingga mencapai pada lapisan tanah yang berbatu atau berpasir, dapat juga dikatakan berkualitas baik bila telah mencapai lapisan tanah keras bercadas biasanya pada dataran rendah diperlukan lebih dari kedalaman 4 meter sampai 10 meter untuk mendapatkan kualitas air yang diharapkan.
Sumber air yang terletak pada bagian permukaan atas tidak perlu kita perhatikan karena kualitas sumber air pada bagian lapisan tanah atas kurang baik untuk konsumsi dan masih memiliki kemungkinan untuk terkena pencemaran lebih banyak untuk itu pengeboran sebaiknya difokuskan pada pencarian sumber air di lapisan tanah yang lebih dalam karena untuk kualitas sumber air pada lapisan tanah yang lebih dalam memiliki kualitas yang lebih baik pula.
Sumber air yang ada di dalam sumur bor bisa saja tercemari oleh lingkungan sekitarnya dan dapat juga masih memiliki kemungkinan untuk tercampur dengan bahan material lumpur di dalam lapisan tanah masih ada dalam kedalaman pengeboran, selain itu juga bisa juga masih terkena pengaruh oleh air resapan pada bagian atas sumber air permukaan untuk itu perlu diatasi dengan pemasangan casing pipa yang ditaruh di lubang sumur bor dengan cara pemasangan lebih dari batas lapisan tanah yang berlumpur maka hal ini akan mengurangi kemungkinan resiko yang ada tersebut. Untuk informasi lebih jelas baca juga artikel saya terkait cara pemasangan casing pipa untuk sumur bor di daerah dataran rendah.

 

Dataran tinggi sebagai lokasi yang baik untuk pembuatan sumur bor

Upaya pembuatan sumur bor di daerah dataran tinggi dengan tingkat kesulitan yang lebih rumit dan membutuhkan upaya yang lebih keras bahkan biaya yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan pembuatan sumur bor pada daerah dataran rendah pada umumnya namun sumber air hasil pengeboran pada daerah dataran tinggi memang memiliki kualitas yang sangat baik serta lebih maksimal untuk konsumsi seperti apa yang telah kami ulas pada awal — awal artikel tadi.
Dengan kualitas air yang sangat baik pada sumber air di daerah dataran tinggi maka pemasangan pipa casing sudah bukan lagi hal yang penting untuk dilakukan dalam mengurangi pencemaran air lumpur maupun lingkungan sekitara pengeboran namun demikian pemasangan pipa casing ini akan sangat penting untuk menanggulangi kerusakan lubang sumur bor yang diakibatkan oleh adanya longsoran tanah, maupun longsoran batu ataupun kejadian lain yang biasanya terjadi di daerah dataran tinggi.
Sering terjadi saat pengobaran sumur tidak seperti yang diharapkan bahwa akan keluar air sendiri yang memiliki kualitas baik atau bahkan air yang keluar sedikit bahkan tidak keluar sama sekali hal ini disebabkan oleh karena pengeboran yang dilakukan terlalu dalam sehingga menyebabkan air tanah yang ada justru terserap ke dalam tanah karena pengeboran yang dilakukan melebihi batas lapisan bawah tanah yang baik sebagai sumber air untuk konsumsi.

Pengeboran yang dalam maupun banyaknya air yang didapatkan tidak dapat digunakan sebagai ukuran kualitas air yang baik untuk konsumsi.

Pastikan saat mata bor Anda telah mencapai lapisan tanah bagian bawah yang berbatu atau lapisan tanah bagian dalam yang bertekstur keras tanah cadas segera cek kualitas air karena menurut pengalaman bagian tersebut adalah bagian terbaik dari air tanah yang bisa Anda dapatkan .

Bila melanjutkan pengeboran bisa saja justru air tidak akan keluar atau sedikit air yang bisa didapatkan karena mencapai lapisan tanah yang kosong sehingga air justru masuk kembali ke dalam tanah karena tersedot, sempatkan juga membaca artikel kami tentang pompa air yang sangat bagus untuk sumur dalam Anda.

 

 

 

Related Posts

  • 100
    SUMUR BOR AIR Tukang Sumur Jogja - Kami Sumur Bor Jogja Sedot WC menyediakan jasa pembuatan sumur bor air. Bagi Anda yang sedang membutuhkan jasa kami, bisa langsung hubungi kami di 081-8201-763 / 0851-0260-0511.   Berapa kedalaman ideal pada sumur bor?   Mungkin ini adalah pertanyaan umum yang semua orang…
    Tags: yang, air, sumur, tanah, pada, untuk, bor, kualitas, sumber, pengeboran
  • 78
    Sumur Bor Solusi untuk Sumber Air Melimpah Sumur bor adalah salah satu jenis sumur buatan yang dibuat dengan bantuan alat bor untuk mencapai kedalaman sumur yang cukup sehingga akan bertemu dengan sumber air tanah yang melimpah. Suplai air pada dasarnya sangat melimpah karena sebagian besar bumi ini  memiliki wilayah perairan yang…
    Tags: yang, air, untuk, sumber, sumur, bor
  • 66
      Seperti yang kita ketahui bahwa jenis dan cara pembuatan sumur sangat beragam. Yaitu sumur bor, sumur gali, sumur suntik dan lain sebagainya. Dari masing-masing jenis sumur ini memiliki manfaat tersendiri. Lantas apa saja manfaat dari sumur bor? Berikut ulasannya.   Fungsi Sumur Bor   Pembuatan Sumur Bor sangat dibutuhkan…
    Tags: sumur, bor, yang, air, untuk
  • 58
    spesialis pembuatan sumur bor tembus batu daerah sleman, sleman merupakan daerah yang di dalam lapisan tanah nya terdapat batu yang besar besar,jadi kalo mau bikin sumur kadang menemui batu batu besar itu,bikin sumur di sleman lebih banyak menggunakan sumur bor,karena memang sumur bor lebih efektif daripada sumur gali,karena memang sumur…
    Tags: sumur, bor, yang, air, untuk
  • 55
    Ahli sumur bor wilayah bantul,tukang sumur bor bantul,kami selaku ahli sumur di bantul siap membantu anda untuk mempunyai sebuah sumur dan menpunyai air bersih yang layak konsumsi pastinya,sumur bor di bantul sendiri bermacam macam untuk kedalamanya,karena air dalam tanah di bantul sendiri berbeda beda kedalamanya,sumur bor sendiri juga berbeda dengan…
    Tags: sumur, bor, yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Posted by: niken swastika on

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

WhatsApp chat