Cara Mengatasi Bak Mandi Bocor

CARA MENGATASI BAK MANDI BOCOR

Cara Mengatasi Bak Mandi Bocor – Bak mandi bocor adalah hal yang sangat menjengkelkan. Akibatnya bak mandi tidak bisa digunakan untuk menampung air lagi. Nah berikut kami akan berbagi tips cara mengatasi bak mandi bocor.

Cara Mengatasi Bak mandi Bocor

 

Setiap hunian sudah pasti memiliki kamar mandi dan bak mandi di dalamnya. Bak mandi sendiri ada banyak macamnya. Salah satunya adalah bak mandi keramik yang dikenal dengan kekuatannya. Tapi, tetap saja tidak ada yang betul-betul sempurna.

memperbaiki bak mandi bocor

Permasalahan yang kerap muncul dari bak mandi keramik entah pada pemasangannya yang kurang baik atau pada kurun waktu yang lama pasti dapat juga terjadi kebocoran. Kalau sudah bocor, apa yang bisa kamu lakukan untuk memperbaikinya? Simak artikel Kania berikut ini yuk!

1. Deteksi Letak Kebocoran Bak Mandi

bak mandi bocor

Beberapa hal yang menyebabkan kebocoran bak mandi dapat disebabkan oleh pengaruh luar seperti kejatuhan benda keras ataupun gerakan tanah seperti gempa bumi. Namun, bila kebocoran terjadi karena umur bak mandi yang sudah lama dan terjadi retakan kecil, cara mencari kebocorannya pertama-tama adalah dengan mengisi bak mandi keramik hingga penuh. Pastikan sumber kebocoran hanya sampai batas dinding atau dasar bak mandi.

 

bak mandi bocor skandinavia

Caranya adalah dengan melihat batas ambang maksimal air tersebut surut ketika dalam posisi diisi penuh. Jika habis tak bersisa, maka sudah dapat dipastikan kebocoran tersebut ada di dasar bak. Tapi jika masih bersisa walaupun hanya 0.5 cm maka kebocoran tersebut ada pada bagian dinding bak.

Coba raba letak kebocoran bak mandi, fokuskan ke sisi dalam dari letak remebesan tersebut. Biasanya, terdapat nat (lapisan di sela-sela) keramik yang lepas ataupun permukaan keramik yang sedikit amblas. Dari sini dapat ditemukan di mana letak kebocorannya.

2. Buat Lubang pada Bak Mandi Supaya Lebih Mudah Diperbaiki

bak mandi bocor lubang

Kenapa malah membuat lubang? Hal ini dilakukan bilamana titik kebocoran pada bak mandi terlalu kecil. Lubang harus dibuat sedikit lebar, supaya proses penambalan dapat lebih baik. Pembuatan lubang ini juga dapat lebih merapikan retak kebocoran pada bak mandi sehingga pada saat penambalan maka hasil tambalan akan terlihat lebih rapi.

Gunakan cutter (pemotong) atau benda tajam lainnya untuk memperlebar titik bocor tersebut. Buatlah secara hati-hati serta secukupnya saja.

3. Proses Penambalan Bak Mandi

Keramik Retak Atau Pecah

bak mandi keramik retak

Ini merupakan masalah paling umum pada bak mandi yang bocor. Banyak yang langsung mengambil tindakan dengan mengganti keramik kamar mandi yang pecah dengan menggantinya secara utuh. Kalau hanya mengalami sedikit keretakan, menambal adalah salah satu solusi yang mudah dan murah.

Cukup siapkan semen abu-abu, lem semacam fox atau lem silikon untuk akuarium dan benda kecil seperti sapu lidi juga cairan anti-air. Ambillah semen abu-abu dan campurkan dengan lem atau ambil saja lem silikon aquarium, lalu sisipkan pada bagian yang retak. Gunakan sapu lidi untuk menyisipkan lem pada bagian-bagian yang retak.

Nat yang Terkelupas

Hal-hal yang menyebabkan nat terkelupas adalah lubang nat telah rapuh lalu dibiarkan hingga waktu yang lama, akhirnya menimbulkan kerusakan pada bagian bawah keramik. Baiknya, kamu melepas keramik di sekitar nat tersebut kemudian membersihkan bagian dindingnya.

bak mandi nat terkelupaspinterest.com

Bahan yang digunakan sama dengan bahan untuk menambal keramik yang retak. Setelah melepas keramik, lapisi lapisan di permukaan dinding dan rekatkan kembali keramik yang tadi telah dilepas dengan menggunakan semen dan gunakan campuran semen putih dan lem untuk menambal nat pinggiran keramik.

Keramik yang Amblas

Keramik amblas ini bisa terjadi pada jenis bathtub apa saja. Biasanya, hal ini terjadi saat pengaplikasian adonan semen dan pasir kurang baik. Untuk mengatasinya, lepaskan keramik dan tambahkan adonan semen baru untuk membuat permukaan keramik sejajar dengan keramik yang lainnya. Isilah nat dengan menggunakan semen putih dan lem.

4. Proses Pengeringan Bak Mandi

bak mandi plesteran cat

Setelah melapisi bak mandi dengan cairan anti-air, tunggu tambalan selama 3 hingga 4 hari supaya mengering. Setelah plesteran benar-benar 100% mengering dan mengeras, lapisi bagian bak mandi dengan pelapis anti-air pada seluruh permukaan bagian dalam bak mandi. Untuk pinggiran bawah serta sudut bak atau rongga yang cukup besar, gunakan serat fiber. Tunggu kembali selama 2 hari hingga mengering, lalu ulangi sekali lagi pelapisan tersebut.

5. Merapikan Tambalan Bak Mandi

bak mandi bocor tambalan

Hal yang tidak boleh dilewatkan setelah proses penambalan bak mandi yang bocor adalah merapikannya. Siapkan cutter atau alat yang digunakan untuk merapikan semen atau lem tadi. Biasanya, setelah proses penambalan bak mandi yang bocor, akan terdapat beberapa tonjolan yang dapat merusak pemandangan.

Potong beberapa bagian yang menonjol tersebut dan ratakan setiap bagiannya sehingga bak mandi yang telah ditambal tidak akan terlihat lebih berantakan dan rapi. Karena kamar kamar mandi yang rapi adalh kunci dari membangun kamar mandi yang nyaman.

6. Lakukan Percobaan atau Tes

bak mandi bocor rembesan air

Setelah tambalan pada bak mandi kering, cek apakah masih ada bagian yang bocor atau proses penambalan yang belum sempurna. Bila proses penambalan bak mandi yang bocor masih belum sempurna, misalnya seperti plesteran yang tidak 100% mengering, pasti terdapat kebocoran di sudut yang kita tambal berupa semacam rembesan air. Rembesan air yang menggenang sangat berbahaya, makanya saat mendesain kamar mandi, dianjurkan memakai keramik kamar mandi yang anti selip.

Ada baiknya untuk membuat lubang pembuangan di bagian dasar sehingga pengurasan bak mandi menjadi jauh lebih mudah. Hindari menggunakan sikat yang keras saat membersihkan kamar mandi agar tidak terjadi kebocoran.

 

 

Related Posts

  • 90
      Berapa kedalaman sumur bor yang baik? Kedalaman sumur menentukan air sumur baik. Sumber air bersih tidak dapat ditentukan dari dalamnya sumur bor yang digali. Karena tingkat kedalaman mata air yang layak untuk dikonsumsi akan berbeda-beda tiap wilayah. Dengan kata lain dipengaruhi faktor geografis.   Biasanya untuk daerah dataran rendah,…
    Tags: yang, untuk, dengan, dan, jogja, wc, sedot, bantul, sleman, saluran
  • 89
    jasa sedot wc profesional di jogja,sedot wc jl wonosari,sedot wc ketandan telp 08112653453 sedot wc seluruh jl wonosari,dari ketandan sampai piyungan bantul,jika tempat tinggal anda meliputi kawasan tersebut dan sedang mencari tukang sedot wc wilayah jl wonosari sampai piyungan maka anda masuk ke jasa sedot wc yang sangat tepat. sedot…
    Tags: wc, yang, sedot, saluran, mampet, jasa, dan, sleman, jogja, bantul
  • 87
    Akibat Boros Air Bersih Akan Memicu Krisis Air Secara Global Seperti yang kita ketahui, air adalah kebutuhan pokok semua makhluk hidup. Terutama manusia adalah pengguna air terbanyak diantara makhluk hidup lain. Nah seiring pertumbuhan jumalh penduduk di dunia yang pesat, otomatis kebutuhan air yang juga akan meningkat. Para ahli juga…
    Tags: yang, dan, wc, sedot, mampet, saluran, sleman, jasa, bantul, jogja
  • 86
    JANGAN ANGGAP SEPELE JAMUR KAMAR MANDI Jamur Kamar Mandi - Kamar mandi memang sangat rentan terhadap jamur. Karena kamar mandi merupakan tempat yang setiap harinya lembab. Seperti yang kita ketahui jamur sangat suka dengan tempat lembab. Melihat masalah ini, jangan anggap sepele jamur kamar mandi yaa Mencegah Timbulnya Jamur di…
    Tags: mandi, dengan, yang, dan, untuk, wc, sedot, mampet, saluran, bantul
  • 85
    jasa sedot wc wilayah pakem-cangkringan. informasi dari sedot wc wilayah pakem-cangkringan jasa sedot wc profesional yang ada di yogyakarta khususnya sleman wilayah pakem-cangkringan,siap membantu mengatasi problem masalah seputar wc yang sudah penuh maupun wc yang mampet,wilayah pakem adalah wilayah sleman yang paling utara dan merupakan jogja paling utara,adapun wilayah cangkringan…
    Tags: wc, yang, sedot, dan, sleman, jasa, saluran, mampet, jogja, bantul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Posted by: niken swastika on

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

WhatsApp chat