Kelebihan dan Kekurangan Sumur Gali

 

Jika di Artikel sebelumnya sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan mengenai penggunaan sumur bor, maka selanjutnya mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan penggunaan sumur gali. Sumur gali memang saat ini mulai banyak ditinggalkan oleh beberapa masyarakat modern. Dengan berbagai alasannya, memang penggunaan sumur gali sudah sangat jarang sekali digunakan oleh beberapa masyarakat yang ada di kota besar.

 

Namun, tak sedikit kita ketahui bahwa di desa masih banyak sekali penggunaan sumur gali ini sebagai sumber pemenuhan akan kebutuhan air. Alasan apa yang membuat sumur gali mulai ditinggalkan dan mulai beralih ke sumur bor? Namun mengapa masih banyak masyarakat yang lebih memilih penggunaan sumur gali dibanding sumur bor? Untuk menjawabnya inilah beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada pada penggunaan jenis sumur gali:

 

Kelebihan Sumur Gali :

 

Diameter Lebih Besar Mungkin bagi sebagian orang sumur yang memiliki diameter yang besar dan luas sangat kurang praktis apalagi jika lahan yang dimiliki sempit. Namun sebenarnya bukan begitu. Ketahulah kelebihan dari sumur gali ini, dengan penggunaan diameter yang lebih luas maka secara otomatis debit air yang dihasilkan juga semakin besar. Oleh karena itu tidak perlu diadakan penggalian yang dalam untuk mendapatkan debit airnya. Cukup dengan kedalaman yang sedang maka debit air akan keluar.

Dapat Diperdalam Dengan Mudah Jika ingin melakukan pendalaman sumur gali maka dapat dilakukan dengan lebih mudah. Dengan diameter yang lebih muas dan penggunaan beton maka penggalian sumur dapat dilakukan lebih mudah.

Biaya yang lebih Murah Untuk pembuatan sumur gali sendiri biaya lebih terjangkau dibanding dengan pembuatan sumur bor. Anda bisa mempercayakan pembuatan sumur gali kepada ahlinya tukang sumur jogja terpercaya.

 

Kekurangan Sumur Gali :

 

Diameter Besar Mungkin bagi sebagian orang diameter sumur bukan masalah yang besar terutama untuk mereka yang memiliki lahan luas. Namun seringkali menjadi persoalan tersendiri bagi mereka yang memiliki lahan yang lebih sempit, misalnya saja seperti di daerah perkotaan maka penggunaan jenis sumur gali kurang efektif dilakukan.

Pencemaran Lebih Mudah Berbeda dari sumur bor yang diletakkan di kedalaman yang lebih dalam sehingga tidak mudah mengalami pencemaran jika di sekitar sumber mata airnya terdapat aktiitas tambanga dan sebagainya. Maka berbeda dengan jenis sumur gali, salah satu kekurangan dari jenis sumur gali atau sumur timba ini adalah seing sekali terjadi pencemaran air di dalamnya. Waktu hujan lebat saja sumber air akan tercampur dengan bahan material yang ada disekitarnya apalagi jika di dekat sumur gali terdapat tempat pembuangan tinja, peceren dan sebagainya maka akan lebih mudah tercemar airnya. Air akan lebih keruh, berbau, berwarna dan tidak jernih.

Perawatan Lebih Mahal Jika dibanding dengan jenis sumur lainnya maka penggunaan sumur gali akan lebih mahal dari segi perawatannya. Misalnya saja yan sering menjadi alasannya adalah saat sumur mengalami kerusakan maka tentu anda membutuhkan tukang ahli sumur yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Namun dengan dalil keselamatan sangat beresiko tinggi dan takut kejebur dan tidak bisa naik lagi maka biaya perawatan untuk sumur gali akan lebih mahal. Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan sumur bor dan sumur gali. Dari kelebihan dan kekurangan tersebut maka anda jauh lebih bisa mempertimbangkan.

 

Terima kasih sudah mengunjungi website kami, semoga bermanfaat 🙂

 

 

Related Posts

  • 65
    Semua yang tercipta didunia ini pasti ada kelebihan dan kekurangan. Seperti halnya manusia, pasti ada kekurangan dan pasti mempunyai bakat dari dalam diri. Dalam hal penjualan juga akan ada keuntungan dan juga kerugian. pernah kah Anda membuat sumur di rumah ? tehnik sumur apa yang kalian gunakan waktu itu? Jika…
    Tags: sumur, yang, dan, lebih
  • 60
    Semua makhluk hidup membutuhkan air untuk melangsungkan hidupnya. Salah satu cara untuk mendapatkan air adalah dengan cara membuat sumur. Lantas bagaimana cara membuat sumur? Dengan mengingat cara pembuatan sumur tidak hanya satu jenis dan satu cara. Untuk masa lampau memang cara pembuatan sumur lebih dikenal dengan sumur gali, namun seiring…
    Tags: sumur, yang, gali
  • 58
    Jika mendengar sumur, hal yang tidak asing cara pembuatan sumur adalah digali. Sebenarnya proses pembuatan sumur terdapat beberapa macam loh, dari sumur gali, sumur resapan, sumur bor dan lain sebagainya. Bagi Anda yang belum mengerti macam-macam sumur, yuk kita sama-sama cari tahu pengertiannya :)   pengertian sumur   sumur bor…
    Tags: sumur, yang
  • 55
      Seperti yang kita ketahui bahwa jenis dan cara pembuatan sumur sangat beragam. Yaitu sumur bor, sumur gali, sumur suntik dan lain sebagainya. Dari masing-masing jenis sumur ini memiliki manfaat tersendiri. Lantas apa saja manfaat dari sumur bor? Berikut ulasannya.   Fungsi Sumur Bor   Pembuatan Sumur Bor sangat dibutuhkan…
    Tags: sumur, yang, dan
  • 51
    Jasa sumur artesis di jogja Sumur Artesis Alternatif Sumur Teknologi Baru Air merupakan hal yang amat penting bagi kehidupan kita. Perkembangan teknologi sekarang ini telah memanja kita sehingga air bisa didapatkan dengan begitu mudahnya hanya dengan memutar keran air dan kita dapat menkmati air yang kita butuhkan untuk mencuci pakaian,…
    Tags: sumur, yang, dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Posted by: niken swastika on

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , ,

WhatsApp chat