Keramik Kamar Mandi Anda Berkerak Berikut Cara Mencegah Dan Membersihkanya

 

Keramik Kamar Mandi Anda Berkerak Berikut Cara Mencegah Dan Membersihkanya

Berikut ini adalah pengalaman kami dalam mencegah dan membersihkan toilet yang berkerak. Jadi yang kami tekankan di sini adalah mencegah terjadinya kerak padbua keramik. Baru ketika keamik toilet sudah terlanjur berkerak, kami sedikit jelaskan cara mengatasinya.

Ingat, ini membahas kerak pada keramik toilet, bukan pada westafel maupun kloset.

Membuat toilet menjadi nyaman untuk digunakan. Jika anda ingin memiliki toilet yang bersih dan nyaman, maka anda harus mengorbankan tenaga dan waktu anda untuk secara rutin melakukan perawatan terhadap toilet anda. 


Dalam suatu bangunan rumah, keberadaan sebuah toilet adalah sesuatu yang sangat vital. Kebersihan toilet hampir bisa dikatakan mewakili atau mencerminkan kebersihan seluruh rumah.

Betapapun  megah dan mewah rumah anda, akan tetapi jika toiletnya tampak kotor dan bau, maka akan mengurangi nilai kemewahan rumah anda, dan meninggalkan kesan negatif bagi tamu yang berkunjung.

Nah, pada artikel kali ini, kami ingin sedikit sharing dengan anda dalam pemeliharaan dan pembersihan lantai keramik dari kerak, karena menurut kami hal yang paling membuat toilet tampak jorok adalah adanya kerak dan lumut pada lantai keramik.
Lalu bagaimana dengan toilet di rumah anda?


Dari mana kerak pada keramik toilet berasal?

  1. Kerak pada keramik lantai dan dinding toilet anda sebenarnya berasal dari adanya kandungan kapur pada air toilet anda. Bagian keramik yang secara terus menerus terkena air lama kelamaan akan berkerak. Ketika air membasahi keramik, maka air akan menguap dan meninggalkan residu berupa kapur yang awalnya tidak terlihat, baik di keramik lantai maupun dinding. Seiring berjalannya waktu, residu ini akan mengendap dan semakin bertambah banyak dari hari ke hari. Semakin banyak tumpukan endapan kapur pada keramik toilet anda, akhirnya keramik toilet anda akan tampak berkerak dan kotor.
  2. Penyebab lainnya adalah lumut yang tidak dibersihkan dalam jangka waktu yang lama. Keramik yang tampak berlumut kekuning – kuningan terkadang disebabkan oleh debu yang bercampur/ menempel pada keramik yang basah. Semakin lama debu halus ini makin menumpuk dan mengendap dan akhirnya berkerak, berwarna coklat kekuning – kuningan. Tampak jorok bukan?

Sebenarnya kami lebih suka untuk mencegah keramik agar jangan sampai pada tahap berkerak dan susah dibersihkan. Jika sudah sampai pada tahap berkerak, maka sejauh yang kami tahu, tidak ada cairan pembersih yang benar – benar mampu mengatasi dan membersihkan keraknya dengan tuntas.

Ada kalanya setelah dibersihkan dengan cairan pembersih kerak, masih saja tersisa bekas keraknya. Ada kalanya juga cairan pembersih malah merusak lapisan keramik, sehingga keramik akan tampak kusam dan ada noda – noda kehitaman. Bahkan yang sering terjadi, cairan pembersih dengan kadar yang tinggi akan merusak dan menghancurkan nat keramik, sehingga nat keramik jadi berlubang.

Ingat, ini membahas kerak pada keramik toilet, bukan pada westafel maupun kloset.

Kita jadi serba salah. Jika memakai cairan pembersih yang tidak terlalu keras, kerak tidak hilang. Jika kita menggunakan cairan pembersih dengan kadar yang tinggi, maka malah akan merusak keramik.

Untuk itu, menjadi sangat penting bagi kita untuk merawat toilet kita secara rutin agar tidak berkerak. Kabar baiknya adalah bahwa cara merawat ini sangat mudah jika kita mau. Hanya dengan membersihkan dan menyikat keramik dengan sikat keramik toilet  pada lantai dan dinding kamar mandi anda secara rutin, maka keramik toilet anda akan bebas dar kerak. Paling tidak hal ini anda lakukan seminggu sekali. Tiga hari sekali lebih baik lagi.

Sikatlah dengan sikat halus dan tanpa deterjen apapun semua permukaan keramik toilet anda. Sikat pula pada bagian nat keramik. Kalaupun anda ingin memakai deterjen, pakailah yang tidak keras, Pakailah sabun pencuci piring atau cairan pembersih lantai yang biasa anda gunakan untuk mengepel lantai. Sikat juga pada bagian sudut – sudut toilet.

Dengan melakukannya secara rutin , anda telah mencegah menumpuknya endapan kapur maupun debu pada lantai keramik anda , sehingga kerak pada keramik toilet bisa dicegah.

Akan tetapi jika toilet di rumah anda sudah terlanjur berkerak, apa yang harus anda lakukan? Nah, simak tips berikut ini.
Cara Membersihkan Lantai dan Dinding Keramik Toilet yang Berkerak

  1. Menggunakan batu apung. Ini adalah cara yang paling aman menurut kami, karena tidak menggunakan cairan kimia berbahaya. caranya anda tinggal mengosok – gosokkan batu apung pada keramik yang basah pada toilet yang berkerak, maka kerak akan berkurang. Kelemahan cara ini adalah tidak bisa membersihkan kerak yang telah masuk dalam pori- pori keramik toilet anda. Biasanya kan lantai toilet menggunakan keramik yang sedikit berpori agar tidak licin. Mungkin tidak hilang semuanya, akan tetapi keramik anda akan tampak lebih bersih.
  2. Menggunakan kaporit, siram noda kerak dengan air hangat, lalu taburkanlah kaporit di atasnya. Diamkan beberapa saat, bilas dengan air bersih. Gosok sekali lagi dengan air sabun,bilas sampai benar – benar bersih. Sekarang toilet anda jadi tampak lebih bersih kan?
  3. Menggunakan cuka. Sebenarnya ini adalah cara yang tidak kami sarankan, karena berpotensi merusak keramik kamar mandi anda. Tapi kalau anda mau mencobanya caranya dengan kuaskan cuka makan kadar 70% pada permukaan keramik yang berkerak, diamkan 30 menit, lalu bilas sampai bersih dengan air.
  4. Menggunakan air jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung asam sitrat, yaitu asam organik yang mengandung ikatan kimia sederhana. Zat ini berfungsi untuk menghilangkan noda dan juga aroma yang tidak sedap. Oleskan cairan jeruk nipis ini pada keramik yang berkerak, diamkan sebentar lalu sikatlah dengan sikat lembut. Bilas dengan air. Selesai.
  5. Cairan Pembersih Kerak. Cara ini juga bukan cara yang kami anjurkan, karena berpotensi merusak keramik dan nat. Tetapi tidak ada salahnya juga anda pakai ketika keramik toilet terlanjur berkerak. Cairan pembersih kerak ini mudah anda peroleh di pasaran dengan aneka merknya. Setahu kami cairan ini mengandung klor yang tinggi. Jika anda hendak  mencobanya, jangan lupa baca aturan penggunaannya dengan teliti. Gunakan sesuai takaran yang dianjurkan.
Ingat, ini membahas kerak pada keramik toilet, bukan pada westafel maupun kloset.
 

Demikianlah beberapa cara membersihkan lantai keramik toilet yang berkerak.
Bagaimanapun juga kami lebih suka mencegah keramik agar tidak sampai berkerak daripada membersihkan keramik yang terlanjur berkerak

Related Posts

  • 86
    MARGO BOR - TUKANG SUMUR JOGJA | SEDOT WC JOGJA | AHLI SUMUR JOGJA | SUMUR BOR JOGJA Kami melayani kami melayani sedot wc penuh dan mampet di wilayah ngaglik sleman, sumur bor. Untuk menggunakan jasa kami Hubungi kami di 081-8201-763 / 0851-0260-0511 Solusi WC Mampet dengan Bahan Alami   Banyak…
    Tags: wc, kami, dan, jogja, sumur, mampet, dengan, ini, akan, toilet
  • 85
      Hati-hati Dengan Toilet Yang Kotor Dapat Menyebabkan Penyakit Bagaimana rasanya masuk ketoilet umum? toilet yang setiap harinya pasti dipakai orang. Namun sungguh disayangkan biasanya toilet tersebut tidak sedikit yang masih kotor atau kurang dalam kebersihannya. Berbagai masalah yang terlihat di toilet umum diantaranya banyaknya jamur, dudukan toilet kotor, kertas…
    Tags: toilet, yang, dan, ini, sedot, wc, sleman, tukang, mampet, saluran
  • 85
    Kerak pada kloset pastinya sangat mengganggu. Bahkan bisa menyebabkan penyakit jika dibiarkan dan tidak dibersihkan. Membersihkan kerak pada kloset bisa menggunakan banyak cara. Salah satunya adalah menggunakan belimbing wuluh. Belimbing wuluh bisa anda gunakan untuk membersihkan noda kekuningan pada keramik atau closet. Gosok noda kekuningan pada keramik dengan menggunakan belimbing…
    Tags: pada, dan, sumur, keramik, jogja, kami, kerak, dengan, sedot, wc
  • 84
      Ada Beberapa Hal Buruk Akibat Membawa Gawai Kekamar mandi     Apakah anda termasuk dalam hal ini? Perkembangan teknologi memang membuat kita dituntut tetap produktif dalam kondisi apa pun dan di mana pun, bahkan di kamar mandi. Pasti di antara kamu, ada yang suka membawa gawai ke toilet, kan? Entah itu untuk…
    Tags: yang, dan, ini, wc, sedot, jogja, sleman, sumur, tukang, mampet
  • 83
      Kondisi yang lembap pada kamar mandi memang sering membuat beberapa binatang pengganggu masuk ke dalamnya. Awalnya, mereka biasanya masuk dan bersembunyi di saluran air dan masuk ke kamar mandi karena mencari suhu yang lebih hangat. Binatang yang muncul di kamar mandi umumnya seperti kecoa dan cacing. Namun, tak jarang…
    Tags: yang, dan, saluran, anda, akan, toilet, ini, tukang, wc, sedot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Posted by: salsabila azzakiya on

Tag: , , , , , , , , , ,