Mengatur Jarak Sumur dan Septic Tank Yang Ideal

[Septic Tank Komunal[7].jpg]JARAK 10 meter antara tangki septic (septic tank) dan sumur telah menjadi pengetahuan umum dan populer di masyarakat. Alasannya, agar air sumur tidak terkontaminasi dengan air tangki septic oleh bakteri patogen yang dapat mengganggu kesehatan. Alasan demikian tentu tidak salah. Hanya, dalam kenyataannya jarak 10 meter, terutama pada rumah-rumah padat penduduk atau perumahan type RSS, jarak sejauh itu sangat sulit diperoleh. Bisa saja terjadi antara sumur dan tangki septic di suatu rumah berjarak 10 meter, tetapi dengan tangki septic tetangga sebelah jaraknya kurang dari 10 meter.

Munculnya kemestian jarak 10 meter sumur dan tangki septic bermula dari bakteri E-coli patogen (bersifat anaerob) yang biasanya mempunyai usia harapan hidup selama tiga hari. Sedangkan kecepatan aliran air dalam tanah berkisar 3 meter per hari (rata-rata kecepatan aliran air dalam tanah di pulau jawa 3 meter/hari), sehingga jarak ideal antara tangki septic dengan sumur sejauh 3 meter per hari x 3 hari = 9 meter. Akan tetapi, mengapa harus dibuat 10 meter? Dari hasil perhitungan, jarak tempuh bakteri selama 3 hari hanya 9 meter. Adapun angka 10 meter setelah ditambah satu meter sebagai jarak pengaman. Itulah sekilas kisah angka 10 untuk jarak antara sumur dengan tangki septic.

Bagaimana jika kurang dari 10 meter? Apabila ingin membuat tangki septic, sementara jarak antara sumur dan tangki septic yang ingin dibuat kurang dari 10 meter, tidak perlu bingung. Ketahuilah dulu arah aliran air tanah yaitu dengan cara melihat sumur tetangga. Cara dan langkah-langkahnya sbb.:

  1. Ukurlah kedalaman sumur-sumur tetangga, cukup 3 rumah saja.
  2. Buatlah gambar garis segitiga yang menghubungkan ketiga titik sumur tetangga tersebut di atas kertas.
  3. Masing-masing titik sumur diberi notasi kedalamannya (perhitungan kedalaman diukur dari muka air hingga ke permukaan tanah).
  4. Dari gambar dapat diketahui, sumur yang paling dangkal menunjukkan arah aliran menuju ke sumur tersebut.

Dari cara tersebut dapat diketahui bahwa jarak sumur yang kurang dari 10 meter tidaklah masalah, asalkan kita mengetahui arah aliran air tanah dengan cara seperti di atas. Dengan demikian, yang harus kita lakukan adalah meletakkan tangki septic di mana arah alirannya tidak mengarah ke sumur, berarti harus sebaliknya. Lebih baik lagi apabila arah aliran air tanah tersebut berasal dari sumur menuju ke tangki septic, tetapi jangan sebaliknya.

Di samping arah aliran air tanah yang perlu kita ketahui, kecepatan aliran air tanah tidak kalah pentingnya. Walaupun berdasarkan pengalaman kecepatan aliran air tanah di pulau Jawa rata-rata 3 meter/hari, tidak menutup kemungkinan masing-masing daerah di Pulau Jawa pun mempunyai kecepatan aliran air tanah yang berbeda. Hal ini tergantung dari formasi batuan pada daerah tersebut. Walaupun arah aliran dari tangki septic menuju ke sumur, kecepatan aliran air tanah hanya 1 meter/hari, maka jarak ideal antara sumur dan tangki septic hanya 4 meter (lihat cara perhitungan di atas).

Ringkasnya, dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa tidak semua daerah harus membuat tangki septic berjarak 10 meter dari sumur. Perlu diperhatikan arah aliran air tanah pada saat membuat tangki septic. Kecepatan aliran air tanah pada masing-masing daerah sangat berlainan, sehingga memunculkan jarak ideal yang berbeda-beda antara sumur dan septic tank. Hal itu sangat tergantung dari formasi batuan dan kondisi geografis pada masing-masing daerah tersebut.

Dengan demikian, angka 10 meter untuk jarak tangki septic dan sumur bukan harga mati. Hal lain yang juga harus perhatikan, juga penting bagi kesehatan bahwa sumber pencemaran air bukan sekadar jarak antara tangki septic dan sumur. Kebersihan dan sistem sanitasi lingkungan tak kalah dominan berpengaruh pada kesehatan.

Related Posts

  • 90
      Hati-hati Dengan Toilet Yang Kotor Dapat Menyebabkan Penyakit Bagaimana rasanya masuk ketoilet umum? toilet yang setiap harinya pasti dipakai orang. Namun sungguh disayangkan biasanya toilet tersebut tidak sedikit yang masih kotor atau kurang dalam kebersihannya. Berbagai masalah yang terlihat di toilet umum diantaranya banyaknya jamur, dudukan toilet kotor, kertas…
    Tags: yang, dan, di, sedot, wc, sleman, tukang, mampet, saluran, jogja
  • 87
      Kondisi yang lembap pada kamar mandi memang sering membuat beberapa binatang pengganggu masuk ke dalamnya. Awalnya, mereka biasanya masuk dan bersembunyi di saluran air dan masuk ke kamar mandi karena mencari suhu yang lebih hangat. Binatang yang muncul di kamar mandi umumnya seperti kecoa dan cacing. Namun, tak jarang…
    Tags: yang, air, dan, saluran, di, tukang, wc, sedot, sleman, mampet
  • 85
    Wc Anda Mampet Berikut Cara Mengatasinya Dengan Mudah   Yang wc nya mampet ternyata ada cara yang bisa kita lakukan dengan mudah, mengatasi wc mampet dengan menggunkan garam , salah satu cara yang kini sedang ramai ialah mengatasi wc mampet dengan menggunkan garam , garam yang kita kenal sebagai bumbu…
    Tags: yang, dengan, mampet, wc, di, tidak, tukang, sedot, sleman, jogja
  • 84
      Ada Beberapa Hal Buruk Akibat Membawa Gawai Kekamar mandi     Apakah anda termasuk dalam hal ini? Perkembangan teknologi memang membuat kita dituntut tetap produktif dalam kondisi apa pun dan di mana pun, bahkan di kamar mandi. Pasti di antara kamu, ada yang suka membawa gawai ke toilet, kan? Entah itu untuk…
    Tags: di, yang, dan, dari, wc, sedot, jogja, sleman, sumur, tukang
  • 82
      Proses perembesan bahan pencemar kedalam sumur gali, seperti pencemaran oleh tinja (bakteri coliform), antara lain ditentukan oleh struktur fisik bangunan saran sumur gali. Syarat kesehatan pada sarana air bersih khususnya sumur menurut Departemen Kesehatan RI (1995) harus diberi beberapa komponen untuk mencegah terjadinya kontaminasi pada air sumur.   Adapun fungsi dari beberapa komponen sumur…
    Tags: sumur, air, dari, tidak, yang, dan, wc, sedot, tukang, sleman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Posted by: lili anadiania on

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , ,