Mengubah air yang bermasalah menjadi normal kembali

Hasil gambar untuk air sumur bermasalah

Air Bau, Keruh, Dan Kuning

Banyak sekali yang bisa Anda gali mengenai informasi cara menjernihkan air. Penyesuaian dari produk maupun cara yang akan digunakan sesuai dengan kondisi airnya setidaknya akan membuahkan hasil. Maka cari tahu mana yang pantas untuk di jadikan sebagai tutorial untuk mengatasi masalah air yang Anda alami saat ini.

Ciri-ciri air bermasalah bisa saja menimbulkan bau yang tidak wajar, sangat keruh, dan air berwarna kuning. Ini paling sering di alami oleh banyak orang dan kejadian tersebut dapat timbul secara alami maupun karena benda tertentu. Dapat di alami oleh sumur bor atau sumur gali.

 

Berikut ini adalah problem yang biasanya terjadi pada air :

Air Sumur Kuning

Air berwarna kekuningan, menempel pada pipa, bak tampungan menjadi kuning, dinding kamar mandi menjadi kuning, dan mengerak. Itu melambangkan bahwa di daerah tersebut mempunyai kandungan zat besi/mangan tinggi yang menyebabkan semua itu terjadi.

Jika di biarkan terlalu lama, pipa akan tersumbat karena proses zat besi yang mengerak di dalam pipa sehingga debit air mengecil. Lebih kesal lagi kalau baju yang di cuci berwarna putih maka akan terlihat mengusam. Tentu akan membuat tidak nyaman bagi siap saja karena yang mereka inginkan adalah sumber air bersih yng layak konsumsi.

 

Cara Menjernihkan Air Sumur Yang Kuning

Cara yang paling efektif untuk mengatasi air sumur kuning adalah teknik filtrasi (penyaringan). Cara ini terbukti paling manjur untuk membuat air menjadi bersih. Kerak akan mengendap pada filter tersebut sehingga air akan melalui proses penyaringan terlebih dahulu sebelum di terpakai. Bagi Anda yang memiliki kondisi kuning di daerahnya dapat mencoba cara ini.

Air Sumur Bau Comberan

Memang tidak lazim kalau air sumur menimbulkan bau seperti air limbah rumah tangga atau sering di sebut dengan comberan. Kemungkin disebabkan terjadinya kebocoran pada pipa pembuangan air, baik dari kamar mandi, wc, atau wastafel cuci piring. Pemasangan jalur instalasi pipa pembuangan yang terlalu dekat dengan sumur cukup membahayakan jika pipa tidak di pasang rapat dan kuat.

 

Untuk Anda yang sedang mengalami masalah seperti ini, lihatlah pada dinding sumur beton apakah terlihat tanda-tanda indikasi terjadi kebocoran atau tidak. Kalau iya, langkah untuk mengatasinya dengan cara mencari sumber yang bocor dan memperbaikinya.
Cara Menjernihkan Air Sumur Bau Comberan

 

Setelah ketemu permasalahannya dan sudah diperbaiki, langakah selanjutnya yaitu kuras sumur dan suntik sumur. Kuras sumur ini bermaksuda untuk membersihkan sisa air di dalam sumur agar bersih dari bau comberan. Sedangkan untuk suntik sumur berfungsi untuk mendapatkan kembali sumber air yang baru dengan menambah kedalaman sumur.

Ini juga akan mencegah bila ada kebocoran terulang lagi, air tidak akan terganggu olehnya sehingga walaupun bocor, air tetap bersih dan tidak bau karena di ambil dari dalam suntikan tersebut. Untuk Cara ini bisa minta bantuan dari jasa kuras sumur dan jasa suntik sumur di kota Anda.

Air Sumur Bau Lumpur

Kondisi ini sering terjadi pada rumah yang dibangun di dekat persawahan, rawa-rawa, perairan (irigasi). Secara keseluruhan tidak tapi kita membicarakan yang paling sering mengalaminya. Kontur tanah persawahan memang sedikit bersifat lengket, itu yang menyebabkan bau lumpur muncul pada sumur. Jika penggalian sumur tidak memperhatikan lapisan tanah yang terpadat sumber air dan berhenti pada lapisan tanah berlumpur maka air akan terpengaruhi oleh tanah tersebut.

Penyebab lainnya adalah air remebesan bila hujan tiba. Jika air bau kalau hanya hujan tiba maka dapat dipastikan penyebabnya dikarenakan remebesan air hujan yang masuk kedalam sumur bor/sumur gali.

 

Cara Mengatasi Air Sumur Bau Lumpur

Caranya dengan menambah kedalaman sumur tersebut hingga memperoleh lapisan tanah berpasir. Untuk sumur gali cukup menambah kedalamannya dengan cara suntik sumur. Sedangkan untuk sumur bor harus membuat titik bor yang baru.

Air Sumur Bau Bangkai Binatang

Permukaan sumur tidak di tutup menyebabkan bintang seperti tikus, kucing, ayam, cicak, kadal, dan ular masuk ke dalam sumur. Bangkai yang membusuk karena kita tidak tahu kalau ada binatang yang kecemplung. Agak lama untuk membuat air tidak bau lagi

karena pembusukan bangkai mengandung minyak yang menempel pada dinding sumur.

 

Cara Mengatasi Air Sumur Bau Bangkai

Antara sumur bor dan sumur gali berbeda metode penanganannya. Cara menguras yang berbeda karena di sebabkan oleh diameter yang terlalu kecil untuk sumur bor. Mana mungkin tukang bisa masuk ke dalamnya.

Untuk sumur bor tinggal dikuras menggunakan mesin diesel namun lebih baiknya kalau dikerjakan oleh tukang kuras sumur yang sudah ahli dan berpengalaman. Karena masuk ke dalam sumur bukan perkara yang mudah. Cukup berbahaya kalau tidak tahu step by step bagaimana cara menguras sumur yang benar.

 

Banyak terenggut nyawanya hanya karena menganggap kuras sumur itu adalah sebuah pekerjaan yang gampang dan bisa dikerjakan oleh siapa saja. Tidak memikirkan resiko bahaya hanya karena ngirit biaya untuk memanggil sebuah jasa.

Itulah informasi untuk mengatasi masalah terkait dengan air bersih yang terganggu. Informasi tersebut dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk mengatasi apa terjadi pada air di rumah Anda. Bukan menuntut Anda bisa melakukan sendiri di rumah. Sebaiknya hubungi jasa terdekat untuk membantu Anda.

Related Posts

  • 92
    Tentang Kloset Model Duduk   Kloset duduk merupakan perangkat saniter utama sebelum Anda membangun kamar mandi pada hunian. Karena itu, keberadaannya harus betul-betul mendapat perhatian. Pemilihan kloset duduk pun tak bisa sembarangan.   Desain kloset duduk, bahkan memengaruhi estetika ruang dan keutuhan fungsi kamar mandi. Jadi sebelum memilih kloset untuk…
    Tags: yang, dan, wc, sedot, tukang, sleman, jogja, sumur, mampet, ahli
  • 88
    Sumur Bor Solusi untuk Sumber Air Melimpah Sumur bor adalah salah satu jenis sumur buatan yang dibuat dengan bantuan alat bor untuk mencapai kedalaman sumur yang cukup sehingga akan bertemu dengan sumber air tanah yang melimpah. Suplai air pada dasarnya sangat melimpah karena sebagian besar bumi ini  memiliki wilayah perairan yang…
    Tags: yang, air, untuk, sumur, wc, tukang, sedot, sleman, mampet, jogja
  • 86
      Ada Beberapa Hal Buruk Akibat Membawa Gawai Kekamar mandi     Apakah anda termasuk dalam hal ini? Perkembangan teknologi memang membuat kita dituntut tetap produktif dalam kondisi apa pun dan di mana pun, bahkan di kamar mandi. Pasti di antara kamu, ada yang suka membawa gawai ke toilet, kan? Entah itu untuk…
    Tags: di, yang, dan, untuk, wc, sedot, jogja, sleman, sumur, tukang
  • 86
    Saat musim hujan seperti sekarang ini memang tidak sulit dalam mencari air. Khususnya bagi mereka para penduduk yang belum mempunyai akses air bersih dari perusahaan air minum daerah atau bagi mereka yang masih belum mempunyai sumur untuk sumber airnya. Kadang kalanya air sumur juga tidak melulu bersih dan jernih.  …
    Tags: sumur, yang, air, untuk, tidak, wc, sedot, tukang, sleman, mampet
  • 85
      Proses perembesan bahan pencemar kedalam sumur gali, seperti pencemaran oleh tinja (bakteri coliform), antara lain ditentukan oleh struktur fisik bangunan saran sumur gali. Syarat kesehatan pada sarana air bersih khususnya sumur menurut Departemen Kesehatan RI (1995) harus diberi beberapa komponen untuk mencegah terjadinya kontaminasi pada air sumur.   Adapun fungsi dari beberapa komponen sumur…
    Tags: sumur, air, tidak, untuk, yang, dan, wc, sedot, tukang, sleman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Posted by: lili anadiania on

Tag: , , , , , , , , , , , ,