Menu Tutup

5 Tips Merawat Lantai Kamar Mandi

5 Tips Merawat Lantai Kamar Mandi

Kamar mandi adalah salah satu tempat terpenting di dalam sebuah rumah. Dan kebersihannya adalah hal utama. Terutama lantai, jika lantai berkerak anda akan merasa risih bukan? Nah yuk simak tips menarik dari kami di bawah ini.

Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi Yang Berkerak

Keramik kamar mandi yang berkerak selalu jadi masalah yang sangat mengganggu pemandangan. Tak peduli seberapa bagus kamar mandi, jika keramiknya kusam dan penuh kerak membandel, kamar mandi rumah akan terlihat menjijikan.

Meski kamar mandi sudah dibersihkan secara teratur, kerak kamar mandi tetap menempel dan membuat kesan kotor yang sulit dihilangkan. Lalu, bagaimana cara membersihkan keramik kamar mandi yang berkerak itu?

Ada 5 cara ampuh membersihkan kamar mandi hingga keramik kinclong seperti baru. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

  • Membersihkan Keramik Kamar Mandi Dengan Cuka

Cara membersihkan keramik kamar mandi yang berkerak bisa menggunakan cairan cuka. Jika selama ini anda mengenal cuka sebagai bumbu dapur, ternyata cuka adalah bahan yang ampuh untuk membersihkan keramik kamar mandi.

Begini cara membersihkan keramik kamar mandi dengan cuka: 

  1. Masukan cuka putih ke botol semprot agar mudah digunakan untuk membersihkan kamar mandi.
  2. Semprotkan cuka putih ke seluruh keramik kamar mandi yang hendak dibersihkan.
  3. Tunggu 10 menit lalu hidupkan kran / shower air panas. Uap panas membantu melarutkan lapisan kerak yang menempel.
  4. Siram kembali keramik kamar mandi dengan air panas setelah 2 menit.
  5. Lap keramik kamar mandi yang sudah disemprot dengan spons basah.
  6. Bilas keramik yang sudah dibersihkan lalu keringkan dengan handuk.
  7. Aplikasikan car wax pada keramik kamar mandi dengan gerakan melingkar agar lebih terlihat kinclong dan mengkilap.

Biasanya, cuka ini adalah bahan yang paling ampuh untuk membersihkan keramik kamar mandi hanya dengan satu kali percobaan. Namun, jika kerak kamar mandi anda belum hilang, anda bisa mencobanya kembali keesokan harinya.

  • Menggunakan Kaporit Untuk Hilangkan Kerak Kamar Mandi

Cara membersihkan keramik kamar mandi lainnya adalah dengan menggunakan kaporit. Selain dikenal sebagai disinfektan air, kaporit ternyata bisa digunakan untuk membersihkan keramik kusam. Kaporit memang dapat menghilangkan noda dan kerak pada keramik kamar mandi.

Berikut cara membersihkan keramik kamar mandi dengan kaporit:

  1. Siram lantai dan dinding keramik kamar mandi dengan air panas.
  2. Taburkan bubuk kaporit di atas keramik berkerak dan diamkan selama 30 menit.
  3. Gosok keramik kamar mandi dengan sikat.
  4. Bilas keramik kamar mandi dengan air bersih.

Anda bisa mendapatkan kaporit ini di toko-toko bahan kimia. Kaporit ini merupakan bahan ampuh untuk membersihkan kamar mandi karena mampu melunturkan kerak yang sudah bertahun-tahun menempel sekalipun.

  • Asam Sitrat, Bahan Kue Yang Bisa Jadi Pembersih Keramik Kamar Mandi

Jika selama ini anda mengenal asam sitrat atau sitrun sebagai bahan kue, ternyata bahan ini bisa gunakan untuk membersihkan keramik kamar mandi yang berkerak, lho! Bahan ini selain murah juga sangat aman jika terkena kulit karena merupakan bahan makanan.

Begini cara membersihkan keramik kamar mandi dengan sitrun:

  1. Gosok keramik kamar mandi dengan batu apung dan air sabun (detergen / sabun cuci piring).
  2. Bilas keramik dengan air sampai sabun hilang.
  3. Taburkan asam sitrat ke keramik yang berkerak ketika keramik masih basah.
  4. Diamkan selama 1 jam.
  5. Gosok keramik kamar mandi dengan sikat dan bilas dengan air.

Karena sifatnya yang tidak sekeras cuka atau kaporit, anda harus melakukan cara membersihkan keramik kamar mandi ini sebanyak 2 atau 3 kali untuk mencapai hasil maksimal dan membuat keramik kamar mandi kinclong seperti baru.

  • Pakai Cairan Pembersih Keramik Kamar Mandi Buatan Sendiri

Cara membersihkan kamar mandi berikutnya adalah dengan menggunakan cairan pembersih buatan sendiri. Jika anda tidak mau membeli produk pembersih lantai kamar mandi yang dijual di pasaran, anda bisa membuatnya sendiri dari sabun cuci piring.

Penasaran bagaimana caranya? Berikut cara membersihkan kamar mandi dengan cairan pembersih keramik kamar mandi buatan sendiri:

  1. Isi botol semprot dengan larutan air sabun cuci piring.
  2. Semprotkan pada keramik kamar mandi yang berkerak.
  3. Gosok keramik dengan menggunakan sikat sambil sesekali disemprot dengan larutan cairan pencuci piring.
  4. Bilas dengan air hingga bersih.

Cairan sabun cuci piring bisa mengangkat kotoran, minyak, sisa sabun, dan lumut yang menjadi penyebab kerak kamar mandi. Namun, jika noda kerak masih ada, tuangkan boraks atau ammonia ke keramik yang berkerak tersebut lalu gosok lagi sampai keraknya hilang.

  • Menggunakan Produk Pembersih Lantai Kamar Mandi 

Nah jika anda tak mau repot, tentu saja cara paling mudah untuk membersihkan kamar mandi dari kerak membandel adalah dengan menggunakan produk pembersih lantai kamar mandi atau karbol.

Saat ini, anda bisa menemukan banyak pilihan cairan pembersih lantai di toko-toko terdekat. Produk pembersih ini tentu telah diformulasikan untuk mengangkat kerak kamar mandi yang membuat keramik mencari kusam.

Begini caranya menggunakan produk pembersih kamar mandi:

  1. Tuangkan cairan pembersih pada wadah yang cukup lebar.
  2. Celupkan sikat pada cairan pembersih lalu gosokan pada keramik yang berkerak.
  3. Diamkan selama 10 – 15 menit.
  4. Sikat keramik lagi lalu bilas dengan air hingga bersih.

Itu di cara-cara membersihkan keramik kamar mandi yang harus anda tahu. Dengan seperti ini, keramik kamar mandi di rumah akan bebas kerak dan tetap kinclong dan mengkilap seperti keramik baru.

Selamat mencoba, ya!

Related Posts

  • 90
    5 Trik Memilih Lantai Kamar Mandi5 Trik Memilih Lantai Kamar Mandi Margo Bor - Memilih lantai keramik kamar mandi bisa dibilang susah-susah gampang. Anda harus cermat dan jeli karena akan berimbas pada ketahanan, ketepatan dan kesesuaian saat diaplikasikan. Sah-sah saja membeli keramik kamar mandi murah asalkan kualitasnya memang layak. Berikut 5 trik memilih lantai kamar…
    Tags: keramik, mandi, kamar, yang, dengan, wc, tukang, sleman, sedot, mampet
  • 89
    Manfaat Kamar MandiMANFAAT KAMAR MANDI Sedot Wc Jogja - Setiap rumah sudah dipastikan bahwa membutuhkan kamar mandi untuk keperluan kita entah itu BAB, BAK, mandi, atau yang lainnya. Untuk itu, menurut kalian sahabat Sedot WC Jogja, apa sih manfaat dari kamar mandi atau WC? Nah berikut ini adalah beberapa fungsi kamar mandi…
    Tags: mandi, kamar, yang, wc, sedot, mampet, sleman, tukang, saluran, bantul
  • 85
    Macam Masalah Pada WCMACAM MASALAH PADA WC Sedot WC Jogja - Kamar mandi atau WC merupakan salah satu ruangan vital pada rumah. Mengapa? Karena WC ini digunakan lebih sering daripada ruangan-ruangan lainnya bahkan setiap hari kita menggunakan WC. Namun kamar mandi ini, biasanya terdapat beberapa masalah yang mungkin kita alami. Lantas apa saja…
    Tags: mandi, kamar, yang, wc, dengan, sedot, sleman, mampet, tukang, bantul
  • 85
    Harga Jasa Sedot WC JogjaHARGA JASA SEDOT WC JOGJA Harga Jasa Sedot WC Jogja - Salah satu solusi WC bermasalah atau mampet adalah dengan menyedot WC dengan alat sedot WC. Atau bisa menggunakan jasa sedot WC. Nah bagi Anda yang sedang mengalai WC bermasalah atau WC mampet, kami jasa sedot WC jogja menyediakan jasa…
    Tags: wc, sedot, yang, dengan, bantul, mampet, sleman, tukang, saluran, mandi
  • 85
    Trik Ampuh Membersihkan Keramik Kamar MandiTRIK AMPUH BERSIHKAN KERAMIK KAMAR MANDI Kamar Mandi - Pernahkah Anda mengalami kesusahan dalam membersihkan kamar mandi? Keramik kamar mandi biasanya akan susah dibersihkan jika kotoran sudah lama. Bagaimana cara Anda mengatasi masalah ini? Jangan khawatir, kami akan memberikan tips membersihkan keramik kamar mandi.   Bersihkan Keramik Kamar Mandi Ada…
    Tags: yang, keramik, dengan, kamar, mandi, mampet, saluran, sleman, tukang, wc

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat