Menu Tutup

8 Tips Merawat Sumur

8 Tips Merawat Sumur

Arti Mimpi Menimba Air Sumur | Financial & Technology NewsMargo Bor – Air sumur yang keruh merupakan masalah yang banyak ditemui dalam kaitannya dengan air bersih di Indonesia. Air yang keruh dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah galian sumur yang tidak terlalu dalam, alasan geologis atau struktur tanah yang kurang baik, hujan deras atau hujan terus-menerus yang dapat menyebabkan tanah di sekitar sumur menjadi lunak atau berlumpur sehingga berefek terhadap air sumur, dan sumur yang rusak akibat kebocoran pipa. Berikut ini 8 tips merawat sumur.

1. Jangan mencoba perbaiki sumur sendiri

Ketika pemilik sumur mencoba memperbaiki sumur sendiri, mereka biasanya gagal untuk memecahkan masalah atau membuatnya lebih buruk. Kontraktor profesional sistem air sumur menggunakan peralatan khusus, bahan, dan teknik untuk menjaga sistem dengan baik.

2. Perawatan preventif lebih murah dalam jangka panjang

Seringkali, itu sifat manusia untuk menjadi hemat dan pertimbangan kurang tepat, Kami pernah melakukan survei dan hasilnya 90 persen dari mereka menanggapi belum pernah memiliki perawatan sumur. Yang sering terjadi adalah bahwa masalah kecil dan mudah diperbaiki menjadi besar dan jauh lebih mahal.

3. Lakukan persiapan sebelum sumur diservis

Ini adalah ide yang baik untuk membuat perawatan check-up atau servis untuk isu tertentu. Perawatan sumur check-up harus mencakup
empat komponen. Pertama, adalah tes untuk menentukan aliran output sistem, cek dari ketinggian air sebelum dan selama pemompaan (jika mungkin), kinerja motor pompa (cek beban, landasan, dan tegangan line), tekanan tangki dan elektrik, serta kualitas umum air (bau, kekeruhan, dll). Berikutnya, adalah pemeriksaan peralatan dengan baik untuk
meyakinkan bahwa itu adalah sanitasi dan memenuhi standar. Ketiga, adalah tes air untuk bakteri coliform dan nitrat, dan kandungan lain. Terakhir, sebuah laporan tertulis singkat dan jelas harus dikirimkan kepada Anda setelah check-up yang menjelaskan hasil dan rekomendasi, dan mencakup semua laboratorium dan hasil tes lainnya.

4. Kerjakan beberapa langkah sederhana untuk perawatan sumur

Berikut checklist perawatan sumur pemilik rumah:

Pahami Sumur Bor, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangan | Rumah.com

  • Selalu gunakan air berlisensi atau bersertifikat pengebor baik dan installer pompa ketika baik dibangun, pompa dipasang, atau sistem dilayani.
  • Dianjukan ada pemeriksaan perawatan sumur tahunan, termasuk tes bakteri. Sumber air minum harus diperiksa setiap saat ada perubahan rasa, bau atau penampilan, atau kapan sistem penyediaan air dilayani.
  • Jauhkan bahan kimia berbahaya, seperti cat, pupuk, pestisida dan oli motor dari sumur Anda.
  • Memeriksa berkala penutup di atas casing mau penutup lain, untuk memastikan itu dalam kondisi baik.
  • Selalu menjaga pemisahan yang tepat antara sumur dan bangunan, limbah sistem, atau fasilitas penyimpanan bahan kimia. Kontraktor profesional anda tahu aturan ini.
  • Jangan menggunakan selang bekas yang dipakai untuk pestisida, pupuk atau bahan kimia lainnya.
  • Ketika membuat lansekap, pastikan puncak sumur 30cm di atas permukaan tanah, buat kemiriangan/elevasi yang baik untuk drainase
  • Berhati-hati dalam bekerja atau merawat sumur. Sebuah casing rusak bisa membahayakan proteksi sanitasi Anda. Jangan menumpuk barang apapun di sekitarnya.
  • Simpan catatan sumur anda dengan baik, termasuk laporan konstruksi sumur, laporan perawatan dan hasil tes air.
  • Selalu waspada dengan perubahan sumur, daerah sekitar sumur baik, atau air sumur anda.
  • Ketika sumur Anda sudah kering/tidak mengeluarkan air (biasanya bisa bertahan lebih dari 20 tahun) maka mintalah kontraktor anda untuk menyegel sumur tersebut setelah membuat sumur baru.

5. Carilah kontraktor sumur yang profesional

Ketika Anda membutuhkan servis sumur, maka carilah kontraktor sumur yang berkualifikasi baik. Berikut ini beberapa pertimbangan:

  • Pastikan memilih kontraktor yang berlisensi
  • Apakah kontraktor memiliki catatan record sumur disekitarnya?
  • Apakah kontraktor memiliki peralatan dan mesin yang memadai untuk melakukan pekerjaan?
  • Apakah kontraktor menerapkan program K3?
  • Bagaimana reputasi kontraktor dengan pelanggan sebelumnya?
  • Apakah kontraktor memberikan kontrak kerja tertulis syarat dan kondisi pekerjaan?Poin terakhir ini sangat penting. Kecuali kamu mengerti spesifikasi dan harga yang kontraktor buat. Anda tidak dapat hanya membandingkan penawaran untuk memilih kontraktor. Kontrak tertulis memberikan proteksi kepada Anda dan kontraktor bilamana terjadi perselisihan atas lingkup atau biaya.

6. Memahami permasalahan

Air Sumur Bor Kuning & Berminyak? Ini 5 Cara MengatasinyaKetika Anda perlu perawatan sumur, minta kontraktor untuk menjelaskan permasalahan dan Anda bisa memahaminya, kemudian cari opsi-opsi perbaikan.

7. Temukan sumur bekas

Coba cari, apakah disekitar lingkungan Anda ada sumur bekas yang sudah tidak aktif? Kemudian minta kontraktor untuk menyegel sumur tersebut. Karena ada kemungkinan sumur bekas yang tidak terpakai dapat mencemari sumur Anda.

8. Sebelum tes air sumur Anda, pastikan bahwa sistem air sumur anda bersih

Related Posts

  • 97
    Ragam Jenis Dan Fungsi Kamar MandiRagam Jenis Dan Fungsi Kamar Mandi Margo Bor – Tak bisa disangkal lagi saat ini keberadaan kamar mandi merupakan salah satu elemen utama yang membuat tampilan rumah semakin cantik. Fungsi kamar mandi tak sekedar hanya untuk membersihkan tubuh kini kamar mandi merupakan sarana untuk relaksasi, dan banyak ide-ide kreatif terlahir…
    Tags: dan, yang, untuk, sumur, bor, jasa, membuat, cara, ahli, artikel
  • 97
    Jadikan Kamar Mandi Sebagai Tempat RelaksasiJadikan Kamar Mandi Sebagai Tempat Relaksasi Margo Bor – Kamar mandi kini tak hanya sebagai tempat membersihkan diri, tetapi juga relaksasi sejenak dari rutinitas. Dengan penataan yang tepat, bukan tak mungkin, kamar mandi jadi area favorit di dalam rumah. Pernahkah Anda merasakan gerah dan lelahnya tubuh setelah beraktivitas seharian, hilang seketika setelah mandi?…
    Tags: anda, yang, dan, sumur, bor, jasa, membuat, cara, ahli, artikel
  • 96
    Ini Tanda Kamar Mandi Anda Berbahaya bagi KesehatanIni Tanda Kamar Mandi Anda Berbahaya bagi Kesehatan Margo Bor – Aktivitas Mandi, Cuci, Kakus (MCK) adalah kebutuhan biologis manusia yang dilakukan secara rutin. Di rumah, tempat untuk melakukan kegiatan tersebut adalah di kamar mandi. Kamar mandi juga menjadi tempat yang bisa membuat penghuninya merasa tenang, rileks, bahkan terkadang mendapat…
    Tags: dan, yang, sumur, bor, jasa, membuat, cara, ahli, artikel, resapan
  • 96
    Kesalahan Yang Paling Sering Terjadi Saat Renovasi Kamar MandiKesalahan Yang Paling Sering Terjadi Saat Renovasi Kamar Mandi Margo Bor – Saat kondisi kamar mandi sudah mulai kurang nyaman untuk di pandang atau ingin mendapatkan tampilan kamar mandi yang lebih baik, kita perlu melakukan renovasi untuk membuatnya lebih baik, lebih nyaman, dan lebih menarik. Karena saat ini fungsi kamar…
    Tags: yang, untuk, di, membuat, sumur, bor, jasa, cara, ahli, artikel
  • 95
    Ciptakan Karakter dengan Ornamen Kamar Mandi IniCiptakan Karakter dengan Ornamen Kamar Mandi Ini Margo Bor – Berbicara tentang dekorasi dan estetika, biasanya kita lebih memperhatikan ruangan-ruangan yang selalu terlihat, seperti kamar tidur, ruang tamu ataupun ruang keluarga. Hal ini membuat kita lupa untuk memperhatikan estetika dari ruangan yang tidak kalah pentingnya: kamar mandi! Meskipun tidak selalu terlihat…
    Tags: anda, yang, di, sumur, bor, jasa, membuat, cara, ahli, artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat