Menu Tutup

Cara membuat sumur resapan air hujan

Jasa Sumur Resapan Air Hujankontak1

Indonesia memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim peng-hujan. Di kala musim hujan tiba, alangkah lebih baik bila kita bisa menampung air hujan tersebut untuk berbagai keperluan kita. Sebab air hujan merupakan salah satu sumber air bersih, ini memungkinkan dapat menghemat penggunaan air bersih komersil sehingga bisa menghemat biaya pengeluaran untuk air bersih.
Cara Membuat Sumur Resapan Dari Air Hujan   jasa sedot wc nagata
Cara-nya yaitu dengan membuat sebuah sumur resapan dari air hujan. Dengan adanya sumur resapan ini, kita akan tetap memiliki persediaan air bersih terutama di kala musim kemarau tiba. Membuat sebuah sumur resapan dari air hujan bisa menjadi salah satu solusi yang baik bukan ?

Cara Membuat Sumur Resapan Dari Air Hujan

Cara membuat sebuah sumur resapan untuk air hujan bisa dibedakan berdasarkan kondisi rumah dan lahan, antara lain :
1. Rumah Bertalang Air
2. Rumah Tidak Bertalang
3. Areal Terbuka atau Taman
4. Komunal atau Bersama
5. Lubang Resapan Biopori

Masing – masing kondisi diatas memiliki teknik pembuatan sumur resapan yang berbeda, sebagai contoh adalah
Membuat sumur resapan air hujan pada rumah yang bertalang air
Pada dasarnya kita tinggal mengalirkan air hujan yang tertampung pada talang untuk disalurkan melalui pipa-pipa ke tandon-tandon penampungan. Cara membuat-nya cukup sederhana.
– Siapkan wadah penampungan dan tempatkan di bawah talang air untuk menampung air hujan yang mengalir dari atap. Setidaknya berjarak 1 m atau lebih dari pondasi rumah. Untuk penyaringannya, tempatkan jaring kawat atau kain kasa di permukaan wadah tersebut. Lalu taburkan batu-batu koral di atas jaringnya yang berfungsi sebagai penyaring air hujan. Akan lebih baik kalau bisa membuat sebuah filter air serupa filter air kolam sehingga air hujan bisa tersaring dengan lebih baik lagi. Kemudian dari wadah penampungan beri saluran pipa.
– Jangan lupa untuk melengkapi dengan sebuah kran. Dengan demikian, air tersebut akan lebih mudah untuk dipergunakan untuk keperluan-keperluan non konsumsi. Tapi jangan lupa untuk menutup rapat dan menguras wadah penampungan secara teratur, agar tidak menjadi sarang nyamuk demam berdarah atau bakteri.
– Cara lain dalam membuat sumur resapan air hujan bisa dijabarkan melalui gambar di bawah ini.
Cara Membuat Sumur Resapan Dari Air Hujan   jasa sedot wc nagata

Membuat sumur resapan air hujan pada rumah tak bertalang air
• Pada umumnya sama dengan tipe rumah bertalang air, namun untuk rumah tidak bertalang, digunakan tambahan parit dengan lubang biopori dan bak kontrol sebelum air masuk ke sumur resapan tersebut.
• Buat parit sepanjang curahan air hujan dari atap dengan lebar 20 – 30 cm dan kedalaman 10 – 15 cm dengan jumlah 10 lubang resapan biopori sepanjang parit (baca tutorial : cara membuat lubang resapan biopori). Apabila parit pendek sehingga jumlah lubang tidak terpenuhi maka dapat dihubungkan dengan sumur resapan yang mempunyai bak kontrol sebagai penyaring sedimen
• Lebih detail cara membuat sumur resapan air hujan pada rumah tak bertalang air bisa ada lihat pada gambar di bawah ini …
Cara Membuat Sumur Resapan Dari Air Hujan   jasa sedot wc nagata

Karena waktu yang terbatas, kita akhiri dulu ulasan ini. Kedepannya kita akan menyambung lagi dengan tutorial berikutnya. Semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat