Menu Tutup

Cara memperbaiki pompa air rusak

Service Pompa Airkontak1

Pompa air merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menyedot air dengan mudah. Pada umumnya pompa air digunakan untuk memindahkan air dari sumur ke bak mandi. Di indonesia sendiri berbagai model atau merk banyak beredar misalnya Sanyo, Shimizu, Panasonic dan sebagainya. Meski begitu dalam memasang nya tentu kita harus tahu tips memilih jenis pompa air yang akan digunakan, misalnya untuk menyedot air dari kedalaman sekitar 8m cukup menggunakan jenis biasa atau semi jet pump, untuk lebih dari 9 meter kita bisa memasang pompa air jenis jet pump.
Bagaimana jika pompa air rusak?
Hal ini menjadi tanda tanya besar bagi pemula (seperti saya), karena pada dasarnya memperbaiki pompa air bisa dibilang gampang-gampang susah sebab kita harus turun ke sumur (jika pompa ditaruh di dalam sumur) untuk memperbaikinya meski kerusakan hanya sepele, seperti copot kabelnya atau bocor pipanya. Untuk itu dalam memperbaiki atau mereparasinya dibutuhkan tenaga extra ketimbang proses mikirnya.
Jenis – jenis kerusakan pompa air
Pompa Air Mati total
Beberapa kasus yang paling sering rusaknya pompa air adalah mati total. Penyebabnya bisa jadi karena saklar rusak, adanya kabel yang putus, atau gulungan dinamo terputus bahkan terbakar. Namun yang paling sering adalah kabel yang putus entah karena lapuk dimakan usia, atau ada hewan yang sengaja memutusnya.
Cara mereparasinya
Untuk kerusakan ini tahap pertama yang harus dilakukan adalah mengecek bagian saklar/Steker (jika pakai saklar), jika belum ditemukan kita lanjutkan cek bagian kabel apakah ada yang putus atau tidak, untuk mengeceknya kita bisa menggunakan multimeter. Jika kabel masih bagus barulah mengecek bagian dalam pompa air, mengenai yan satu ini anda harus tahu jalur – jalur gulungan tersebut.
 
Pompa Air hanya mendengung (berderik) saja
Jika mengalami hal tersebut bisa jadi penyebabnya adalah adanya kotoran atau kerak yang menempel dibagian impeler atau klahar didalam dinamo. Selain itu bisa juga kerusakan disebabkan oleh rusaknya kapasitor nonpolar.
Cara memperbaiki
Pertama yang kita cek adalah arus dan tegangan yang menyuplay pompa air, apakah kurang dari 200, jika ya coba pakai stabilizer/ stavol. Jika belum juga coba bongkar bagian blok dan bersihkan bagian impeler lalu coba putar2 dinamo, kemudian tutup kembali. Biasa nya sampai disini penyakitnya sudah ditemukan. namun ada juga saat kita bongkar dinamo diputar2 sangat sulit, berarti harus dibongkar total, dan kita cek bagian klahar dan spul dinamo.
Pompa air nyala (hidup) tapi air tidak mengalir (macet)
Penyakit yang satu ini orang sering menyebutnya masuk angin. Mengenai hal ini biasanya disebabkan oleh bocornya pipa penyedot sehingga menyebabkan masuk angin dan letaknya biasanya pipa yang mengarah kesumur. Selain itu bisa juga karena penyaring (saringan) sudah rusak dan yang lebih parah adalah impeler sudah tidak presisi, sehingga tidak mampu menarik air lagi.
Cara memperbaikinya
Yang pertama tentu kita cek pipa penyedot dan saringannya. coba kita tata ulang lagi, dan dilem yang kuat biar tidak masuk angin hehe. sampai disini biasanya masalah sudah teratasi. Jika belum berarti harus ganti blok dan impeler
Pompa air lemah, Loyo
Lemah maksudnya disini adalah putarannya kurang kencang dan airnya mengalir pelan, hal ini bisa disebabkan oleh kerusakan kapasitor, bocornya pipa penyedot dan adanya gulungan dinamo yang sedikit konslet.
Cara memperbaikinya
Jika kapasitor yang rusak tentu harus diganti, biasanya berukuran 400/450 Volt 9uF (mikro farad) untuk ukuran pompa air semi jet. Jika pada gulungan tentu harus dibongkar dan digulung kembali.
Pompa air Nyetrum
Jika pompa air anda nyetrum bisa dipastikan ada tegangan fuse yang konslet (jika ditespen nyala),
Cara memperbaikinya dengan dicek menggunakan Multimeter, biasanya karena ada gulungan yang lecet.
Mungkin itu saja beberapa kerusakan pada pompa. Mengenai jenis pompa air merek apapun intinya sama kerusakannya, baik merk sanyo, Simizhu, Lakoni, Grundfos, Wasser, Panasonic, merek cina maupun lainnya. Isinya juga tidak jauh berbeda. Mungkin hanya bentuknya saja yang tidak sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat