Menu Tutup

Cara Mengatasi Air di Musim Kemarau

CARA MENGATASI AIR DI MUSIM KEMARAU

Cara Mengatasi Air di Musim Kemarau – Akan ada resiko berkurangnya air jika kita dimusim kemarau yang berkepanjangan. Nah untuk saat ini kita yang sedang berada di bulan musim kemarau, perlu Anda ketahui beberapa langkah yang harus Anda lakukan dalam musim kemarau ini.

Tips Musim Kemarau

Kemarau panjang dan cuaca panas seperti ini, pasti air yang kita bayangkan sebagai penyeimbangnya. Kita membutuhkan banyak air untuk segala kebutuhan dari minum sampai untuk membersihkan diri, perabotan juga untuk menyiram-nyiram tanaman dan memberi minum pada hewan ternak kita. Karena pada musim kemarau jarang ada hujan bahkan sering tanpa hujan sama sekali. Sehingga ketersediaan air sangat berkurang. Bahkan sungai yang biasanya pada musim hujan airnya sampai meluap saat kemaraupun keringkerontang menyisakan tanah yang pecah-pecah.

Berbagai masalah akan timbul bila kita tidak bisa menjaga alam lingkungan kita, seperti kebakaran, kekeringan, kekurangan air bersih dan juga dampat debu yang berterbangan kemana-mana yang bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.

Tanaman juga banyak yang mati kekeringan bila tidak mendapatkan air irigasi dengan cukup. Sehingga bisa berdampak kurangnya pasokan pangan tertentu. Orang jaman dulu menyebutnya dengan musim paceklik, yang menjadi masa-masa sulit untuk petani dan peternak.

Bagaimana dengan persediaan air di rumahmu? Masih aman-aman saja kah ? Namun bagaimanpun juga kamu mesti harus berhati-hati dengan air yang ada sekarang. Gunakan seperlunya, sebaik mungkin, sehemat mungkin, jangan buang-buang percuma.

Berikut 10 hal yang bisa kita lakukan saat menghadapi kemarau seperti saat ini :

1. Minum air putih. Perbanyak minum air putih untuk menyeimbangi air yang keluar dari tubuh kita, baik lewat penguapan, keringat, ataupun kencing. Untuk itu agar tak terjadi dehidrasi perbanyaklah minum air putih.

Usahakan kemana-mana bawa air minum sendiri, agar kita tidak sampai kehausan dan dehidrasi bila ternyata kita berada di tempat yang tidak tersedia minuman.

2. Hindari keluar ruangan saat matahari sedang terik-teriknya antara jam 11 sampai jam 13.00 siang, kalaupun terpaksa keluar rumah usahakan membawa perlindungan , entah itu payung, jaket atau kendaraan yang ada perlindungan atapnya. Gunakan jaket bila kita memakai sepeda motor, biar kulit kita tidak gosong.

3. Pergunakan Suncrem, Sunblock atau tabir surya,dan pilih pelembab atau moisturizing yang mengandung UV Protection, dan juga body lotion  dan day creem yang mengandung SPF agak tinggi.

Misalnya mengandung SPF. 15+ . 20+, atau kita lama di luar ruangan dan banyak terpapar sinar matahari bisa pergunakan yang 30+. atau lebih.

4. Pergunakan baju yang berbahan kain yang bisa menyerap keringat dan lembut, agar kita tidak merasa gerah dan nyaman. Karena kita tidak selalu bisa di ruang yang berpendingin. Usahan untuk sering berganti baju bila sudah basah agar tidak menimbulkan bau dan masuk angin sendiri.

5. Jangan pergunakan parfum atau pewangi badan yang berbau tajam, karena kalau tercampur keringat akan menimbulkan bau yang justru menyengat, dan bikin mabok orang yang sekitar anda. Lebih baik gunakan Antiperspirant Deodorant dari pada memakai parfum, untuk mengendalikan keringat kamu.

6. Sering-seringlah mandi, dan bila kamu muslim seringlah berwudhu agar badan menjadi bersih dan segar selalu. Karena keringat dan debu yang menempel akan membuat kulit anda cepat kusam dan bau. Tapi jangan setiap kali membasuh wajah kamu gunakan Foaming Cleanser nanti wajahmu bisa kering, pergunanak Cleanser Foam cukup pagi dan malam hari saja bila hendak tidur.

7. Hemat air. Walau kita butuh banyak air tapi pergunakan dengan semestinya saja, jangan dibuang-buang. Ingat saudara-saudara kita banyak yang mengalami kekeringan dan kekurangan air di luar sana. Misalnya kita tampung sisa air wudhu atau air cucian untuk menyiram halaman, atau menyiram tanaman yang ada di sekitar kita. Karena bukan hanya manusia saja yang butuh air,  tanaman dan hewan juga memerlukan air untuk kebutuhan hidupnya.

8. Pertahankan pohon-pohon lindung di sekitarmu. Jangan suka menebang pohon yang sudah tumbuh di sekitar lokasi tempat tinggalmu, hanya alasan malas membersihkan dedaunan yang gugur di bawahnya.

Rawat pohon-pohon itu agar tak terlalu tinggi dan membahayakan.. Atau mulailah memanam pohon di sekitar tempat tinggalmu. Karena pohon membuat udara tetap sejuk dan melindungi rumahmu dari terpaan angin dan debu. Dan kita juga bisa memanfaatkan buah atau bunga dari pohon yang kita tanam.

9. Pergunakan sinar matahari untuk menerangi rumahmu jadi tidak perlu menyalakan lampu di siang hari, hemat listrik. Bahkan kalau bisa ubah sinar matahari menjadi energy listrik yang bisa disimpan dan dipergunakan malam harinya.

10. Hindari hal-hal yang dapat memicu adanya kebakaran, baik itu kebakaran rumah maupun kebakaran lahan. Pergunakan api dengan hati-hati dan dalam pengawasan agar tidak menimbulkan bencana yang bisa merugikan diri kita sendiri dan orang lain.

Demikian hal-hal yang perlu kita lakukan saat menyambut kemarau yang menyengat dan kering seperti ini. Semoga bermanfaat dan kita selalu merasa bersyukur atas segala yang Tuhan berikan kepada kita, termasuk alam ini agar kita bisa merawat dan menjaga alam  lingkungan kita dengan baik. Agar kita merasa aman dan nyaman kehidupan di dunia ini.

Related Posts

  • 55
    tukang suntik sumur yang kering di sleman,di setiap kemarau panjang pasti permukaan air di jogja khusunya wilayah sleman mengalami penyusutan air tanah,yaitu berupa berkurangnya debit air yang berada di dalam sumur gali dan lama ke lamaan pasti akan kering dan tidak ada airnya sama sekali.disini kami selaku tukang suntik sumur…
    Tags: yang, di, dan, air, bisa, kemarau
  • 46
    CIRI AIR YANG BERSIH Air Bersih - Seperti yang kita ketahui, bahwa air merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi. Karena air juga penentu kehidupan makhluk hidup. Semua makhluk hidup tidak bisa bertahan hidup tanpa air. Nah perlu Anda ketahui beberapa ciri air yang bersih berikut ini. Ciri Air Bersih dan Sehat…
    Tags: air, yang, dan
  • 43
    Jasa sumur artesis di jogja Sumur Artesis Alternatif Sumur Teknologi Baru Air merupakan hal yang amat penting bagi kehidupan kita. Perkembangan teknologi sekarang ini telah memanja kita sehingga air bisa didapatkan dengan begitu mudahnya hanya dengan memutar keran air dan kita dapat menkmati air yang kita butuhkan untuk mencuci pakaian,…
    Tags: yang, air, kita, untuk, dan
  • 42
    CARA MENAMBAL BAK MANDI Bak Mandi - Bak mandi yang bocor akan mengakibatkan air yang kita tampung akan semakin berkurang dan bahkan air didalamnya akan habis. Langkah yang perlu Anda lakukan adalah menambal bak mandi di bagian yang merembes. Nah berikut ini adalah beberapa cara menambal bak mandi yang benar.…
    Tags: yang, dan, untuk, air, di, tips
  • 38
    Sumur Bor Solusi untuk Sumber Air Melimpah Sumur bor adalah salah satu jenis sumur buatan yang dibuat dengan bantuan alat bor untuk mencapai kedalaman sumur yang cukup sehingga akan bertemu dengan sumber air tanah yang melimpah. Suplai air pada dasarnya sangat melimpah karena sebagian besar bumi ini  memiliki wilayah perairan yang…
    Tags: yang, air, untuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat