Menu Tutup

Cara menghilangkan bau air sumur

Jasa Sumur Bor di Jogja kontak1

Cara Menghilangkan Bau Pada Air Sumur – Halo para sahabat sekalian? Apakah kabar kalian hari ini? Berjumpa kembali dengan kami, pada kesempatan ini kami akan membahas tentang Cara Menghilangkan Bau Pada Air Sumur Dengan Mudah. Masalah air sumur yang berbau adalah masalah yang wajar kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Kita tahu bahwa sebagai manusia, kita pasti membutuhkan air. Nah, sumber air itu bisa bermacam-macam dan beberapa diantaranya adalah dari sumur galian, sumur bor, maupun dari PDAM. Untuk masyarakat yang tinggal dipedesaan seperti kami, biasanya masih menggunakan sumber air dari sumur gali atau sumur bor untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Ingin tau cara menghilangkan bau pada air sumur? Simak terus artikel ini!

Nah, air sumur ditempat kami tinggal, baik yang menggunakan sumur bor maupun sumur gali biasa, seringkali bermasalah dengan yang namanya bau. Bau pada air sumur ini bisa timbul dari berbagai hal, misalnya bau karat dari pipa besi yang terendam air selama bertahun-tahun, bau bangkai dari hewan yang tidak sengaja terjatuh ke dalam sumur kemudian mati, seperti kucing atau tikus. Ataupun bau dari resapan minyak dan limbah dari lingkungan sekitar sumur.

CARA MENGHILANGKAN BAU PADA AIR SUMUR DENGAN MUDAH

Nah, semua itu wajar terjadi. Namun tentu harus diatasi. Di daerah kami, biasanya air dari sumber sumur ini masih digunakan untuk memenuhi semua kebutuhan rumah tangga, mulai dari minum, memasak, mencuci, mandi, dll. Oleh karena itu kebersihan dari air sumur ini harus selalu dijaga dan diupayakan agar bebas dari bau, kuman, dan penyakit. Namun karena hal yang tidak terduga, seringkali air sumur dilingkungan kami juga bermasalah dengan bau. Yah, seperti yang sudah kami jelaskan tadi.

Apakah Anda juga mengalami hal yang hampir sama? Jika iya, berarti sekarang Anda sudah berada pada artikel yang tepat, yaitu Cara Menghilangkan Bau Pada Air Sumur Dengan Mudah. Yuk kita simak bersama seperti apa cara mudah menghilangkan bau pada air sumur yang bisa kita coba!

Cara menghilangkan bau pada air sumur dengan mudah yang pertama, sebaiknya selama air sumur kita masih bermasalah dengan bau, ada baiknya untuk menampung air sumur terlebih dahulu sebelum digunakan. Tujuannya, pada saat ditampung, kita bisa melakukan proses penghilangan bau agar air sumur dapat lebih bersih dan sehat jika selanjutnya hendak kita konsumsi. Dalam hal ini, Anda dapat menampungnya dalam wadah dan lebih baik wadah tersebut terbuat dari tanah liat agar pH air dapat menjadi netral.

Cara menghilangkan bau air sumur dengan cepat yang kedua yaitu, siapkan bahan berupa tawas atau terawas. Masukan bahan tersebut secukupnya ke dalam tempat penampungan air tadi. Anda bisa melakukan beberapa kali percobaan dulu agar bisa memperkirakan takaran yang tepat, yaitu seberapa banyak tawas yang diperlukan untuk mengingkat kotoran yang mungkin menjadi sumber bau.

Cara menghilangkan bau air sumur dengan mudah yang ketiga, setelah bahan tawas tadi dicampurkan ke dalam wadah penampungan air, biarkan air selama sekitar 60 menit. Biasanya, jika takaran yang Anda berikan tepat, air akan menjadi bersih dan jernih dan biasanya ada gumpalan kotoran pada dasar wadah. Jangan kaget, karena hal tersebut wajar, yaitu hasil dari reaksi tawas yang mengikat kotoran, yang kemudian mengendap di dasar wadah. Biarkan saja kotoran-kotoran tersebut itu mengendap.

Cara menghilangkan bau air sumur dengan cepat yang selanjutnya adalah campurkan kaporit ke dalam air di wadah penampungan tadi dan biarkan dahulu selama beberapa jam agar kaporit bisa bekerja lebih optimal. Setelah itu lakukan penyaringan, dan air sudah langsung dapat digunakan, dan pastinya sudah bebas dari bau tidak sedap. Gunakan wadah penampungan air yang besar agar Anda tidak melakukan proses ini berulang kali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat