Menu Tutup

Cara Mudah Mengatasi WC Mampet

Cara Mudah Mengatasi WC Mampet

Awas, Kamar Mandi Bisa Jadi Sarang Bakteri Jika Jarang Dibersihkan Halaman  all - Kompas.com

Mulia Bor WC mampet menjadi salah satu permasalahan rumah tangga yang cukup meresahkan. Sebab, penyumbatan pada WC bisa mengeluarkan bau tidak sedap dan tentunya mengganggu kenyamanan. WC mampet bisa disebabkan oleh berbagai faktor dan yang paling sering ditemukan, yaitu kebiasaan membuang sampah ke dalamnya seperti tusuk gigi, tisu, pembalut, dan lain sebagainya. Maka dari itu, penting untuk tidak membuang apa pun di dalam WC. Namun, jika hal tersebut sudah terlanjur terjadi, Kamu bisa mengikuti beberapa cara mudah mengatasi WC mampet berikut ini.

 

 

1. Air Panas dan Sabun Cuci Piring

Cara mengatasi WC mampet yang pertama adalah dengan menggunakan air panas dan sabun cuci piring. Tak perlu khawatir, cara melakukannya cukup mudah untuk dilakukan. Kalian hanya perlu menyiapkan satu cangkir sabun cuci piring, air panas yang cukup banyak serta handuk.

Letakkan handuk di lantai sekitar WC. Tujuannya agar bisa melindungi tumpahan air yang keluar dari WC. Masukkan sabun cuci piring ke dalam WC dan diamkan hingga mengendap. Hal ini bertujuan untuk melicinkan pipa saluran WC agar benda yang menyumbat bisa mengalir dengan mudah ke septic tank.

Tuangkan air panas sebanyak mungkin ke dalam WC. Akan tetapi, jangan sampai air meluber ke luar dari WC ya. Diamkan kembali selama 20 menit, kemudian siram dengan air biasa. Meski begitu jika cara ini gagal, kalian bisa melakukan cara lainnya.

2. Baking Soda dan Cuka

Cara mengatasi WC mampet yang kedua yakni dengan menggunakan bantuan bahan makanan baking soda dan cuka.

Cara melakukannya pun juga cukup mudah. Kalian hanya perlu menaburkan satu cangkir baking soda ke permukaan air WC. Diamkan hingga baking soda mengendap. Tuangkan dua cangkir cuka ke dalam WC dengan gerakan memutar.

Nantinya hal itu akan menghasilkan gelembung-gelembung akibat reaksi kedua bahan makanan tersebut. Tidak perlu khawatir, hanya saja pastikan gelembung-gelembung itu jangan sampai keluar dari WC. Diamkan kembali selama satu jam, kemudian siram dengan air biasa.

Jika masih mampet, kalian bisa menambahkan lebih banyak lagi baking soda ke dalam WC. Setelahnya, diamkan semalaman untuk hasil terbaik. Keesokan harinya, kalian akan mendapati WC sudah tidak mampet lagi.

3. Gantungan Baju Kawat

Menggunakan gantungan baju kawat juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi WC mampet. Penggunaan gantungan baju kawat dilakukan jika penyebab WC mampet tak terlalu jauh dari jangkauan. Seperti lainnya, cara melakukannya pun cukup mudah.

Langkah pertama, potong gantungan baju hingga menjadi lurus. Bungkus ujung kawat yang tajam dengan kain, bisa itu kain bekas atau kain baru. Kemudian, selotip bagian tersebut agar menyatu dan tidak membuat WC menjadi rusak.

Masukkan ujung lancip gantungan baju berlapis kain ke dalam WC. Dorong yang menjadi penyebab sumbatan secara perlahan hingga aliran air bisa masuk ke septic tank. Setelahnya, bilas dengan air bersih sekaligus mengecek apakah WC masih mampet atau tidak.

4. Plastik Makanan

Cara mengatasi WC mampet selanjutnya adalah dengan menggunakan plastik makanan/plastik wrap. Cara menggunakannya juga tak kalah mudah dengan lainnya.

Kalian hanya perlu menyiapkan plastik wrap. Cobalah untuk menutup dudukan dengan plastik wrap pada toilet duduk. Pastikan plastik warp benar-benar menempel dengan sempurna. Setelahnya, kalian bisa menekan tombol flush pada WC duduk.

Plastik wrap ini nantinya akan mengembang dan tekan tombol flush secara berulang. Tujuan penggunaan plastik wrap untuk menekan balik udara yang ada dalam WC. Sehingga, udara tersebut dapat mendorong benda yang menjadi penyebab WC tersumbat.

5. Botol Bekas

Cara mengatasi WC mampet berikutnya yakni dengan menggunakan botol bekas. Cara melakukannya juga cukup mudah.

Siapkan botol plastik yang benar-benar sudah tak terpakai lagi. Potong sekitar 10 cm di bagian dekat dengan mulut botol, masukkan ujung botol yang telah dipotong ke dalam lubang WC.

Cobalah untuk menekan-tekan lubang toilet agar penyebab WC tersumbat bisa terdorong masuk ke septic tank. Jangan lupa untuk menyiramnya juga dengan air biasa agar bisa mengetahui apakah WC sudah tidak mampet lagi atau sebaliknya. Lakukan secara berulang hingga WC benar-benar berfungsi kembali dengan semestinya.

6. Penyedot WC

Apabila tidak segera berhasil, kalian bisa menggunakan cara mengatasi WC mampet berikut ini. Gunakan alat penyedot WC yang banyak dijual di pasaran. Ini bisa dijadikan pilihan terakhir jika cara-cara di atas tidak ada satu pun yang berhasil. Cara melakukannya pun cukup mudah seperti mendapatkannya. Kalian hanya perlu memasang pluger ke lubang WC, kemudian tarik alat tersebut.

Itu dia cara mengatasi WC mampet menggunakan bahan-bahan sederhana. Jangan lupa selalu jaga kebersihan kamar mandi, khususnya WC ya.

Related Posts

  • 93
    Saluran Mampet SlemanSALURAN MAMPET SLEMAN Tukang Sumur Jogja - Kami Sumur Bor Jogja Sedot WC merupakan jasa service segala macam masalah kamar mandi, kloset, wastafel, saluran mampet. Bagi Anda yang sedang membutuhkan dan mencari  jasa service saluran mampet, bisa langsung hubungi kami di 081-8201-763 / 0851-0260-0511. Cara Sederhana Mengatasi Saluran Air Tersumbat…
    Tags: air, saluran, yang, mampet, dengan, sleman, wc, sedot, tukang, bantul
  • 93
    Penyebab WC Cepat PenuhPENYEBAB WC CEPAT PENUH Sedot WC Jogja - Penyebab WC cepat penuh, tahukah Anda apa saja penyebab WC cepat penuh? Bisa dikarenakan ada air masuk dari luar / dari sela-sela atas septictank saat musim hujan, karena rembesan dari air got, karena penampung air pada closed duduk bocor. karena tanah pada…
    Tags: wc, dengan, yang, air, cara, mampet, sedot, sleman, saluran, tukang
  • 93
    Pompa Sedot TinjaPOMPA SEDOT TINJA Pompa Sedot Tinja - Kloset yang tersumbat biasanya disebabkan karena banyaknya tinja yang menumpuk. Bagaimana cara mengatasinya? Biasanya dengan cara disedot atau bahkan menggunakan pompa sedot tinja. Bagi Anda yang sedang mengalami masalah kloset atau yang lainnya bisa menghubungi kami di 081-8201-763 / 0851-0260-0511.   Hancurkan Tinja…
    Tags: sedot, yang, cara, wc, ke, mampet, sleman, tukang, bantul, saluran
  • 92
    Cara Memasang Tali Timba SumurCARA MEMASANG TALI TIMBA SUMUR Sedot WC Jogja - Mungkin sekarang sudah mulai ditinggalkan mengambil air dari sumur langsung dengan menggunakan tali timba sumur. Nah sebenarnya bagaimana sih cara membuat atau memasang tali timba sumur tersebut? Cara Memasang Tali Timba Sumur 1 Berikan Nilai/Rating Pada program Kuliah Kerja Nyata (KKN)…
    Tags: air, yang, dengan, cara, wc, sedot, sleman, bantul, mampet, tukang
  • 91
    Alat Saluran Air MampetALAT SALURAN AIR MAMPET Alat Saluran Air Mampet - Pernahkah Anda mengalami saluran air dirumah Anda mampet? Pastinya hal ini sangat menjengkelkan bukan? Apalagi kita tidak punya alat saluran air mampet sendiri. Alhasil kita menggunakan alat seadanya untuk mengarahi saluran air mampet. Tahukah Anda, cara tersebut justru akan memperparah saluran…
    Tags: air, saluran, yang, mampet, dengan, ke, wc, sedot, sleman, tukang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat