Menu Tutup

Hindari Kesalahan Saat Membuat Sumur

Hindari Kesalahan Saat Membuat Sumur

Hindari Kesalahan Saat Membuat SumurHINDARI KESALAHAN SAAT MEMBUAT SUMUR

Membuat Sumur – Dalam membuat sumur, mungkin bagi orang awam akan beranggapan bahwa membuat sumur mengebor tanah. Dengan tidak memperhatikan syarat dan ketentuan dalam pembuatannya. Perlu Anda ketahui bahwa dalam pengeboran sumur harus memperhatikan beberapa faktor berikut ini.

Jangan Asal Ngebor Tanah Saat Kekeringan

Pakar Meteorologi Tropis Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Dr Tri Handoko Seto M.Sc, menerangkan bahwa harus ada pencarian informasi terlebih dahulu soal kondisi tanah yang akan digali. Perlu dipastikan ketersediaan air tanah di dalamnya. Selain itu, wajib dicek juga kemungkinan adanya zat-zat berbahaya yang bisa muncul.

“Harus ada data dulu. Kalau di perkotaan misalnya, bila asal ngebor, maka bisa ambles tanahnya,” terang Tri saat berbincang dengan detikcom, Jumat (24/7/2015). Data bisa diperoleh di Instansi pemerintahan atau pemeriksaan oleh ahli.

Pengeboran dengan kedalaman hingga ratusan meter bahkan harus memiliki izin khusus. Teknologinya pun harus diperhatikan, tidak boleh sembarangan.

Fenomena yang terjadi di perkotaan khususnya Jakarta adalah sulitnya air meresap ke dalam tanah. Air langsung mengalir ke sungai lalu mengarah ke laut.

“Jadi ketika hotel atau gedung ngebor di dalam tanah, airnya keambil banyak keisi sedikit. Air di dalam tanah berkurang, lama-lama ambles,” jelasnya.

Apa yang disampaikan Tri sudah terjadi di Sawangan, Depok, Jabar. Pemilik rumah bernama Sapril mempunyai sumur di belakang rumahnya. Namun karena kering, dia kembali membuat sumur lagi. Lokasi yang dipilih adalah di depan rumah.

Foto: Lamhot Aritonang

Ia kemudian mengebor tanah dengan kedalaman 32 meter bersama ketiga pekerjanya. Berharap akan ada semburan air yang keluar, namun ternyata bukan itu yang ia dapatkan.

Sapril yang sehari-hari menjadi penjual nasi Padang harus pasrah menerima kenyataan bahwa hasil dari 6 jam pengeborannya bersama ketiga pekerjanya malah mengeluarkan gas dan lumpur. Akibatnya, ia dan kedua pekerjanya harus dilarikan ke rumah sakit akibat pingsan karena menghirup gas.

Related Posts

  • 74
    CIRI AIR TANAH SUMUR Air Tanah - Kesehatan lingkungan adalah suatu kondisi atau keadaan lingkungan yang optimum sehingga berpengaruh terhadap terwujudnya status kesehatan yang optimal, yang memiliki ruang lingkup antara lain: perumahan sehat, pembungan tinja, penyediaan air bersih, pembuangan limbah padat maupun cair, pengelolaan sampah, dan pengendalian vektor penyakit (Notoatmojo,…
    Tags: air, tanah, yang, sumur
  • 55
    KEDALAMAN IDEAL SUMUR Sedot WC Jogja - Berapa kedalaman ideal pada sumur bor? Mungkin ini adalah pertanyaan umum yang semua orang akan pertanyakan. Sumer mata air terbaik dapat ditemukan dengan membuat lubang sumur bor. Pada kedalaman tanah berkisar antara 6 meter hingga 10 meter pada wilayah daerah dataran rendah kita akan…
    Tags: yang, air, tanah, sumur, pengeboran, kedalaman
  • 54
    ahli sumur bor sleman adalah tukang yang ahli dalam pembuatan sumur bor di sleman, jika anda bertempat tinggal di wilayah sleman dan sedang dalam masalah air seperti air sumur kering,mau membuat sumur baru, sumur bor anda bisa langsung menghubungi kami sebagai salah satu tukang ahli sumur bor di sleman.    …
    Tags: sumur, di, yang, dalam, membuat, dan, adalah
  • 49
    SUMUR BOR AIR Tukang Sumur Jogja - Kami Sumur Bor Jogja Sedot WC menyediakan jasa pembuatan sumur bor air. Bagi Anda yang sedang membutuhkan jasa kami, bisa langsung hubungi kami di 081-8201-763 / 0851-0260-0511.   Berapa kedalaman ideal pada sumur bor?   Mungkin ini adalah pertanyaan umum yang semua orang…
    Tags: yang, air, sumur, tanah, pengeboran
  • 48
    Jika mendengar sumur, hal yang tidak asing cara pembuatan sumur adalah digali. Sebenarnya proses pembuatan sumur terdapat beberapa macam loh, dari sumur gali, sumur resapan, sumur bor dan lain sebagainya. Bagi Anda yang belum mengerti macam-macam sumur, yuk kita sama-sama cari tahu pengertiannya :)   pengertian sumur   sumur bor…
    Tags: sumur, yang, dengan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat