Menu Tutup

Ini Tanda Kamar Mandi Anda Berbahaya bagi Kesehatan

Ini Tanda Kamar Mandi Anda Berbahaya bagi Kesehatan

Jatuh di Kamar Mandi Tidak Boleh Langsung Diangkat?Margo Bor – Aktivitas Mandi, Cuci, Kakus (MCK) adalah kebutuhan biologis manusia yang dilakukan secara rutin. Di rumah, tempat untuk melakukan kegiatan tersebut adalah di kamar mandi. Kamar mandi juga menjadi tempat yang bisa membuat penghuninya merasa tenang, rileks, bahkan terkadang mendapat inspirasi tentang sesuatu hal. Pendek kata, kamar mandi bisa jadi tempat yang menyenangkan bagi penghuni rumah. Meskipun begitu, ternyata ada beberapa potensi bahaya yang mengancam Anda dan keluarga di kamar mandi. Berikut ini tanda kamar mandi anda berbahaya bagi kesehatan.

Tanda-Tanda Kamar Mandi Penuh Kuman dan berbahaya bagi Kesehatan

Menurut dr. Wani, ada beberapa tanda toilet atau kamar mandi Anda sudah dipenuhi kuman dan berbahaya bagi kesehatan, antara lain:

1.  Berbau

Tanda yang paling mudah dikenali adalah adanya bau tidak sedap atau bau busuk. Bau ini menandakan masih adanya kotoran yang tertinggal.

2.  Terdapat Kerak

Waspada, Ini 5 Bahaya Tembok Berjamur bagi KesehatanBakteri yang tinggal dan hidup pada keramik atau materi lainnya yang sejenis akan menimbulkan kerak yang berwarna kekuningan atau kecokelatan.

3.  Licin

Terpeleset di Kamar Mandi Bisa Memicu Stroke? - Info Sehat Klikdokter.comSeperti hewan maupun manusia, bakteri juga dapat berkumpul dan hidup bersama sebagai koloni. Koloni ini akan bertambah banyak dan membentuk biofilm. Hadirnya biofilm dapat dirasakan bila lantai terasa licin maupun berlendir.

Sanitasi Buruk Sebabkan Masalah Kesehatan Serius

Di acara yang sama, Stevia Angesty, sociopreneur bidang sanitasi dan pendiri Feelwell Ceramics menyatakan bahwa sanitasi yang buruk juga dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, seperti stunting. “Dulu pernah menjalani proyek tentang kesehatan ibu dan anak dan melakukan field study ke beberapa provinsi, dan menemukan ternyata salah satu sebab tingginya kematian anak adalah diare. Setelah dipelajari lebih lanjut, ternyata diare disebabkan oleh kurangnya akses ke fasilitas sanitasi yang baik,” kata Stevia.

Cara Tepat Jaga Kebersihan Sanitasi

Water Toilet Images | Free Vectors, Stock Photos & PSDMenjaga kualitas sanitasi dapat dilakukan dengan memastikan kebersihan kamar mandi dan toilet. Di kesempatan yang sama Antonius Pandu, Senior Brand Managers Cleaners Unilever Indonesia, bersama dengan Stevia dan Dr. Wani menyatakan beberapa hal yang perlu diingat saat membersihkan kamar mandi, antara lain:

1. Bila mengunakan keramik, perhatikan sela-sela keramik dengan seksama. Sela-sela keramik merupakan lokasi sempurna untuk kuman berkembang biak.

2. Bersihkan kamar mandi dan toilet minimal seminggu sekali. Gunakan cairan disinfektan dan sikat. Terkhusus kakus, terus kontrol perkembangan bakteri dengan memberikan larutan pembersih disinfektan setiap dua hari sekali.

3. Saat membersihkan kamar mandi, toilet, dan kakus menggunakan cairan atau bubuk pembersih disinfektan, diamkan selama beberapa saat sebelum disikat dan dibilas. Produk-produk disinfektan perlu beberapa waktu untuk memastikan kuman mati.

4. Sesuaikan jenis disinfektan dengan materi yang harus dibersihkan dan fungsinya.

5. Pastikan sistem pembuangan kakus septik dan tidak bocor. Bila sistem pembuangan kakus tidak baik, maka bakteri dapat menyebar hingga sumber air dan mencemari air.

6. Lakukan sedot tinja secara rutin dan berkala. Umumnya, keluarga berjumlah 4 orang harus melakukan sedot tinja setiap 3-4 tahun sekali.

Related Posts

  • 99
    Ragam Jenis Dan Fungsi Kamar MandiRagam Jenis Dan Fungsi Kamar Mandi Margo Bor – Tak bisa disangkal lagi saat ini keberadaan kamar mandi merupakan salah satu elemen utama yang membuat tampilan rumah semakin cantik. Fungsi kamar mandi tak sekedar hanya untuk membersihkan tubuh kini kamar mandi merupakan sarana untuk relaksasi, dan banyak ide-ide kreatif terlahir…
    Tags: kamar, mandi, dan, yang, sumur, bor, jasa, membuat, cara, ahli
  • 99
    Inspirasi Desain Kamar Mandi Minimalis Kecil Sederhana Margo Bor – Melepas penat dari aktivitas seharian bisa dilakukan sesederhana dengan mandi atau berendam di air hangat.  Tubuh jadi lebih rileks dan pikiran pun jadi tenang.  Tapi sayangnya tidak semua orang punya kesempatan yang sama untuk menikmati fasilitas tersebut karena terbatas ukuran…
    Tags: mandi, kamar, yang, dan, di, sumur, bor, jasa, membuat, cara
  • 98
    Jadikan Kamar Mandi Sebagai Tempat Relaksasi Yang MenyenangkanJadikan Kamar Mandi Sebagai Tempat Relaksasi Yang Menyenangkan Margo Bor – Setelah lelah seharian beraktivitas di luar rumah, sebelum menikmati istirahat yang nyenyak di tempat tidur, membersihkan tubuh terlebih dahulu akan membuat kita lebih segar dan tidur dengan pulas. Tapi sadarkah Anda, selain untuk membersihkan tubuh, kamar mandi juga bisa…
    Tags: yang, dan, mandi, kamar, sumur, bor, jasa, membuat, cara, ahli
  • 98
    Jadikan Kamar Mandi Sebagai Tempat RelaksasiJadikan Kamar Mandi Sebagai Tempat Relaksasi Margo Bor – Kamar mandi kini tak hanya sebagai tempat membersihkan diri, tetapi juga relaksasi sejenak dari rutinitas. Dengan penataan yang tepat, bukan tak mungkin, kamar mandi jadi area favorit di dalam rumah. Pernahkah Anda merasakan gerah dan lelahnya tubuh setelah beraktivitas seharian, hilang seketika setelah mandi?…
    Tags: yang, mandi, dan, kamar, sumur, bor, jasa, membuat, cara, ahli
  • 98
    Shower kamar mandi Anda - sebuah spa berdiriShower kamar mandi Anda - sebuah spa berdiri Margo Bor – Merancang ruang shower merupakan kesempatan untuk benar-benar memikirkan tentang perasaan yang ingin Anda ciptakan dan cara menggunakan ruang shower tersebut. Inovasi dalam hal teknologi dan bahan telah mengubah apa yang dapat Anda miliki; Anda dapat memiliki shower cantik dengan…
    Tags: yang, mandi, dan, di, kamar, sumur, bor, jasa, membuat, cara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat