Menu Tutup

Jasa Sumur

JASA SUMUR

Tukang Sumur Jogja – Kami Sumur Bor Jogja Sedot WC merupakan jasa sumur dan juga jasa sedot WC. Bagi Anda yang sedang membutuhkan jasa kami, bisa hubungi kami di 081-8201-763 / 0851-0260-0511

Macam-macam Sumur

 

Jika mendengar sumur, hal yang tidak asing cara pembuatan sumur adalah digali. Sebenarnya proses pembuatan sumur terdapat beberapa macam loh, dari sumur gali, sumur resapan, sumur bor dan lain sebagainya. Bagi Anda yang belum mengerti macam-macam sumur, yuk kita sama-sama cari tahu pengertiannya ūüôā

 

pengertian sumur

 

sumur bor merupakan salah satu sumber yang dipakai manusia untuk mendapatkan sumber air bersih di samping sumber-sumber yang lainnya. keberadaan sumur sudah ada sejak zaman yunani kuno, dan hingga sekarang sumur sudah menglami perkembangan yang sangat pesat baik dari bentuk sumur maupun cara membuatnya. ada banyak jenis sumur yang di gunakan manusia yakni sumur bor, sumur gali dan sumur resapan. jenis-jenis sumur yang ada adalah:

 

SUMUR GALI

 

sumur gali merupakan sumur yang cara pembuatannya digali secara manual dengan tenaga manusia, dalam proses penggaliannya berbeda tergantung kondisi di setiap wilayah . selain kondisi struktur tanah, jenis bebatuan juga di pengaruhi oleh iklim wilayah ini berhubungan oksigen pada saat penggalian tertentu. kemampuan penggalian antara 5 sampai 10 meter, pada kondisi wilayah tertentu penggalian bisa mencapai 20 meter. baca :perbedaan sumur bor dengan gali

 

Sumur Gali terdiri dari :

Bangunan Bawah- disebut sumur pengumpul, berfungsi untuk menyadap/mengumpulkan air. struktur Bangunan bawah menggunakan dinding dari cincin beton atau pasangan batu bata sebagai pengaman dindingnya dan juga berfungsi sebagai penyaring.

Bangunan Atas, terdiri dari :

-Bibir sumur

-Tiang penyangga (bila ada)

-Lantai sumur

-Saluran, untuk mengalirkan air bekas mandi dan mencuci.

 

SUMUR BOR MANUAL

 

sumur bor manual adalah sumur yang dibuat dengan menggunakan teknik pengeboran yaitu dengan cara membuat alat yang menyerupai dua buah skop yang terbuat dari besi yang menempel tertutup dan ini biasanya dipakai menggali, kemampuannya adalah sampai mendapati batuan dengan kedalaman antara 3 meter sampai 15 meter tergantung kondisi alam di wilayah pengeboran.

 

alat-alat dalam pengeboran sumur manual diantaranya adalah:

-Kunci monyet, bentuknya hampir sama seperti kunci inggris. Alat ini digunakan untuk pemegang ketika dilakukan penyambungan.

-Pipa silang empat, digunakan untuk pegangan ketika memutar pipa yang digubungkan dengan mata bor dan biasanya diatasnya diberi pemberat karung yang berisi tanah dengan bobot sekitar 20 kg.

-Pipa batang, yang berukuran 1 inchi dan penjangnya 6 m, digunakan untuk batang penyambung mata bor yang disesuaikan dengan kedalaman sumur.

-Mata bor, sebuah pipa dengan memiliki diameter 3 inchi atau 4 inchi yang kisaran panjangnya sekitar 2 m ujung pipa tersebut kecil, berukuran sekitar 1 inchi sebagai penyambung pipa batangan.

 

SUMUR BOR MESIN

 

sumur bor mesin adalah pengembangan dari sumur bor sebelumnya yaitu sumur bor  manual, sumur bor sering juga disebut dengan istilah pengeboran sumur dalam. sumur bor mesin ini tingkat kedalamannya bervariasi, ada yang maksimal pengeboran 50 meter saja, dan ada juga yang bisa ,mencapai 120 meter bahkan sampai 200 meter. pengeboran dengan mesin ini memilki dua jenis yaitu mesin rakitan dan yang menggunakan mesin paten atau dikenal juga dengan mesin fail atau mesin induk.

 

dalam pembuatan sumur bor anda akan mendapat kelebihan-kelebihan. diantara kelebihan itu ialah :

-waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan sumur bor lebih cepat.

-tingkat kegagalan lebih sedikit jika anda menggunakan mesin dalam pengerjaan sumur

 

jika diatas dijelaskan beberapa kelebihan dari pembuatan sumur dengan menggunakan mesin, tentu ada kelemahan-kelemahan yang dimiliki juga, kelemahan pembuatan sumur bor  mesin diantaranya:

-harga yang harus dikeluarkan relatif lebih mahal jika dibandigkan dengan sumur bor manual

-alat-alat yang diperlukan lebih banyak.

-Biaya proses pembuatan sumur bor mesin. baca jugajenis-jenis mata bor

 

untuk jasa membuat sumur bor relatif tergantung pada paket yang disepakati apakah hanya mengebor sumur saja atau dengan pemasangan mesin pompa air, kisaran baiya yang harus di keluarkan untuk pembuatan sumur bor sampai pada menenmukan titik sumber mata air yang cukup dengan pipa casing paralon 4″ berkisar 7 juta rupiah. besaran baiya di atas hanyalah perkiraan, baiya bisa saja berbeda tergantung pada wilayah masing-masing.

 

sebelum anda melakukan penawaran untuk harga jasa pengeboran biasanya tukang bor akan mensurvei lokasi pengeboran terlebih dahulu untuk mempertimbangkan harga yang akan ditawarkan, karena semakin sulit medan yang akan di bor dengan indikasi tanah mengandung bebatuan yang menyulitkan pengeboran maka akan semakin mahal juga biaya yang dikenakan.

 

SUMUR RESAPAN

 

sumur resapan adalah sebuah banguan yang di buat sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk dari sumur gali dengan tingkat kedalaman tertentu yang berfugnsi sebagai wadah untuk menampung air hujan yang turun untuk meresapkannya ke dalam tanah.

 

sumur resapan mempunyai fungsi memberikan tambahan air secara buatan dengan metode menginjeksikan air hujan ke dalam lapisan tanah. sasaran yang di tentukan untuk resapan air biasanya berada di kawasan budidaya, pemukiman, peroktaan, pertokoan, industri dan lain sebagainya.

 

SUMUR RESAPAN

Manfaat sumur resapan adalah:

-Mengurangi aliran air ke permukaan sehingga dapat mencegah / mengurangi terjadinya banjir dan genangan air.

-Mempertahankan dan meningkatkan tinggi permukaan air tanah.

-Mengurangi erosi dan sedimentasi

-Mengurangi / menahan intrusi air laut bagi daerah yang berdekatan dengan kawasan pantai

-Mencegah penurunan tanah (land subsidance)

-Mengurangi konsentrasi pencemaran air tanah.

 

demikian penjelasan tentang macam-macam sumur yang ada di dalam kehidupan kita, semoga menambah wawasan bagi pembaca yang budiman terkait sumur gali, sumur resapan  dan sumur bor.

 

Terima kasih sudah mengunjungi website kami, semoga bermanfaat ūüôā

 

 

 

Related Posts

  • 90
    JASA PEMBUATAN SUMUR Sedot WC Jogja - Tidak hanya melayani jasa sedot wc saja, kami SUMUR BOR JOGJA SEDOT WC juga melayani untuk pembuatan sumur. Untuk Anda yang sedang membutuhkan jasa sumur, bisa langsung hubungi kami di 081-8201-763 / 0851-0260-0511. Buat Sumur di Jogja Bagi Anda yang sedang membutuhkan jasa…
    Tags: sumur, bor, yang, dengan, wc, sedot, mampet, saluran, bantul, sleman
  • 89
    HARGA JASA SEDOT WC JOGJA Harga Jasa Sedot WC Jogja - Salah satu solusi WC bermasalah atau mampet adalah dengan menyedot WC dengan alat sedot WC. Atau bisa menggunakan jasa sedot WC. Nah bagi Anda yang sedang mengalai WC bermasalah atau WC mampet, kami jasa sedot WC jogja menyediakan jasa…
    Tags: wc, sedot, yang, harga, dengan, bantul, mampet, sleman, tukang, saluran
  • 89
    SALURAN MAMPET SLEMAN Saluran Mampet Sleman - kami adalah tukang spesialis ahli mengatasi saluran mampet di sleman¬†yang setiap harinya selalu membantu mengatasi saluran mampet di sleman tanpa terkecuali. jika di rumah anda sedang mengalami problem saluran yang mampet jangan terburu buru untuk membongkar saluran tersebut, membongkar saluran akan mengenak waktu…
    Tags: saluran, mampet, sleman, yang, tukang, wc, sedot, mandi, kamar, harga
  • 88
    MANFAAT KAMAR MANDI Sedot Wc Jogja - Setiap rumah sudah dipastikan bahwa membutuhkan kamar mandi untuk keperluan kita entah itu BAB, BAK, mandi, atau yang lainnya. Untuk itu, menurut kalian sahabat Sedot WC Jogja, apa sih manfaat dari kamar mandi atau WC? Nah berikut ini adalah beberapa fungsi kamar mandi…
    Tags: mandi, kamar, yang, wc, sedot, mampet, sleman, tukang, saluran, bantul
  • 88
    MACAM MASALAH PADA WC Sedot WC Jogja - Kamar mandi atau WC merupakan salah satu ruangan vital pada rumah. Mengapa? Karena WC ini digunakan lebih sering daripada ruangan-ruangan lainnya bahkan setiap hari kita menggunakan WC. Namun kamar mandi ini, biasanya terdapat beberapa masalah yang mungkin kita alami. Lantas apa saja…
    Tags: mandi, kamar, yang, wc, dengan, sumur, sedot, sleman, mampet, tukang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat