Menu Tutup

Kelabang Dalam Kamar Mandi?

KELABANG DALAM KAMAR MANDI?

Margo Bor – Kondisi yang lembap pada kamar mandi memang sering membuat beberapa binatang pengganggu masuk ke dalamnya. Awalnya, mereka biasanya masuk dan bersembunyi di saluran air dan masuk ke kamar mandi karena mencari suhu yang lebih hangat.

Binatang yang muncul di kamar mandi umumnya seperti kecoa dan cacing. Namun, tak jarang kelabang juga ikut muncul melalui saluran pembuangan air. Jujur saja, dibandingkan kecoa, Anda tentu lebih cemas dengan hewan ini karena memiliki kemampuan menyengat, kan?!

 

Tak perlu panik, berikut ini adalah solusinya.

Pastikan toilet selalu bersih

Kelabang bukan hanya mencari udara pengap yang hangat tapi juga aroma tak sedap sehingga membuatnya tertarik sampai masuk ke kamar mandi Anda.

Jadi, bersihkan kamar mandi dan toilet Anda minimal satu minggu sekali agar tak ada bau yang tak sedap muncul dari toilet. Tambahkan pengharum kamar mandi, boleh berupa kamper khusus toilet atau pengharum ruangan yang digantung.

Tutup lubang bathtub

Jika Anda jarang menggunakan bathtub—karena lebih sering mandi di area shower—tutup lubang saluran airnya. Pasalnya jika bathub jarang digunakan, lubang saluran air akan menjadi kering hingga ke bagian di dalamnya.

Saat saluran air kering, kelabang akan mencari area yang lembap, sehingga ia akan naik ke atas lubang bathub untuk mencari area basah dan lembap.

Buat lubang sirkulasi udara

Kamar mandi yang lembap dan gelap memang menjadi sasaran hewan berbahaya seperti kelabang sebagai tempat bersemayam.

Cobalah membuat lubang sirkulasi udara yang memungkinkan sinar matahari masuk ke dalamnya sehingga kamar mandi pun mendapatkan udara yang bebas keluar dan masuk. Kelabang cenderung menghindari area yang terang dan terpapar sinar matahari.

Gunakan kapur serangga

Sebelum Anda meninggalkan rumah, hancurkan beberapa batang kapur serangga hingga menjadi bubuk. Lalu, taburkan di sekitar saluran air. Kapur ini akan mencegah serangga termasuk kelabang untuk masuk ke dalam kamar mandi.

Lalu, semprotkan obat pembasmi serangga di sekitar saluran air.

Siram air panas

Jika Anda menggunakan water heater, arahkan shower ke saluran air, nyalakan air dengan suhu yang paling panas lalu nyalakan. Biarkan air panas mengalir hingga 10 detik membasahi lantai kamar mandi dan saluran airnya.

Kondisi kamar mandi yang terlalu panas akan membuat kelabang malas untuk keluar ke saluran air.

 

Related Posts

  • 63
    TIPS KAMAR MANDI WANGI Margo Bor - Pasti disuatu rumah ada kamar mandi karena itu adalah hal yang penting bagi rumah kamar mandi jadi salah satu ruangan paling penting di rumah. Kamar mandi yang bersih tentu akan jadi pendukung kesehatan rumah. Kalau sudah bersih namun bau tentu tetap menjijikkan maka…
    Tags: kamar, mandi, yang, tips
  • 60
    TOILET TERSUMBAT TANPA DISEDOT Margo Bor - Toilet mampet merupakan salah satu kenyataan hidup yang harus dihadapi setiap rumah tangga. Ada banyak hal yang bisa membuat WC mampet. Gumpalan tisu atau tisu basah dapat menyumbat saluran pembuangan. Mainan anak atau pakaian juga kadang terperangkap di dalamnya, sengaja atau tidak. Setiap…
    Tags: toilet, yang, dan, anda, di, akan, mandi, kamar
  • 56
    TIPS DI KAMAR MANDI UMUM Kamar Mandi Umum - Hal yang tidak luput ketika melakukan perjalanan jauh adalah mampir ke toilet umum. Kamar mandi umum ini otomatis akan sangat banyak penggunanya. Tidak sedikit juga tidak ada orang yang memperhatikan kebersihan kamar mandi tersebut. Untuk itu perlu Anda ketahui cara menggunakan…
    Tags: ke, yang, di, kamar, mandi, toilet
  • 54
    INSPIRASI PENATAAN KAMAR MANDI KESAN MEWAH Tukang Sumur Jogja - Kini kamar mandi bak kamar mandi di hotel sudah tidak menjadi hal yang tidak mungkin. Kok bisa? Karena kita bisa mendesain sendiri kamar mandi seperti kamar mandi hotel bintang lima dengan beberapa barang-barang sederhana. Nah berikut ini adalah inspirasi penataan…
    Tags: mandi, kamar, di
  • 54
    CARA MENAMBAL BAK MANDI Bak Mandi - Bak mandi yang bocor akan mengakibatkan air yang kita tampung akan semakin berkurang dan bahkan air didalamnya akan habis. Langkah yang perlu Anda lakukan adalah menambal bak mandi di bagian yang merembes. Nah berikut ini adalah beberapa cara menambal bak mandi yang benar.…
    Tags: mandi, yang, dan, anda, ke, air, di, akan, tips

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat