Menu Tutup

Kriteria Menentukan Lokasi Sumur

 

Seperti yang kita ketahui, untuk mendapatkan air sumur yang bagus bukan hanya dari cara pembuatannya tempat sumur pun juga mempengaruhi. Nah berikut ini adalah beberapa kriteria menentukan lokasi sumur :

Menentukan Titik Sumber Mata Air Tanah dengan Menggunakan Garam

 

Garam ternyata bisa sangat berguna untuk menentukan titik sumber air. Caranya taburkan garam di lokasi tanah yang akan dibor pada malam hari.

Tutup rapat dengan kaleng atau baskom yang ditengkurapkan. Pastikan rapat.

Diamkan selama 7 hingga 8 jam.

Disarankan membuat uji coba di beberapa lokasi untuk memberikan pertimbangan mana yang lebih baik untuk dijadikan lokasi sumur bor.

Pagi harinya lihat garam yang semalam ditaburkan; potensi lokasi sumber air bersih dapat dilihat dari sisa garam yang ditaburkan. Semakin sedikit garam yang tersisa, di situlah titik yang paling potensial untuk memperoleh sumber air.

 

Menentukan Titik Sumber Mata Air Tanah dengan Menggunakan Daun Pisang

 

Sifatnya hampir sama dengan garam, mencari penguapan; menganalisa kelembaban.

Letakan daun pisang dengan posisi terbalik di beberapa posisi yang direncakan akan digali sumur bor.

Tunggu sekira 9 sampai 10 jam. Hendaknya sama seperti garam, hal ini dilakukan di malam hari.

Pagi harinya, cek daun pisang tadi. Bila di permukaan daun banyak mengembun air maka di situlah letak paling potensial terdapat sumber air tanah dengan debit yang lumayan besar.

Namun sebaliknya, bila sedikit embun yang menempel, atau bahkan tidak ada sama sekali, maka silakan mencari lokasi lain.

Kedua cara di atas memang belum ada kajian secara ilmiah, melainkan berdasar pengalaman para tukang sumur bor.

Metode tersebut, selama ini, memperoleh hasil yang tidak mengecewakan.

 

Menentukan Lokasi Sumur Bor di Dataran Rendah

 

Di dataran rendah, kedalaman 4 sampai 10 meter kadangkala sudah mendapat sumber air yang melimpah. Namun harus dipastikan apakah struktur tanahnya sudah berpasir-cadas atau belum.

Kalau di kedalaman 4 sampai 10 meter tadi struktur tanahnya masih berlumpur, berarti kedalamannya harus ditambah sampai menemukan pasir atau cadas yang keras.

Semakin dalam sumur bor, berarti kita akan mengabaikan sumber air yang di atasnya (kalau belum menemukan pasir/cadas). Tetapi secara teknis, semakin dalam maka akan semakin bagus. Karena kemungkinan tercampur dengan air resapan semakin berkurang dan tentu hal tersebut akan mengurangi resiko pencemaran air.

Salah satu cara untuk meminimalisir pencemaran air karena resapan ini, tadi sudah disebutkan di atas, bisa dengan memasang casing dari permukaan sampai ke kedalaman.

 

Menentukan Lokasi Sumur Bor di Dataran Tinggi

 

Secara singkat, sumur bor di daerah dataran tinggi akan memiliki kualitas yang lebih baik meskipun dengan kuantitas yang lebih sedikit. Juga tingkat kesulitan untuk mendapatkannya seringkali terkendala oleh tingkat kedalaman yang terkadang sangat memakan biaya.

Pemasangan casing di sumur bor dataran tinggi lebih dimaksudkan untuk menjaga kekuatan tanah agar tidak ambruk dan tertimbun.

Jadi kesimpulannya, untuk mendapatkan sumber air bersih tidak ditentukan dari tingkat kedalaman sumur maupun debit yang melimpah.

Karena tidak jarang peneboran yang terlalu dalam justru kehilangan sumber air, karena sudah menembus lapisan tanah yang kosong.

Sehingga aliran air justru merembes ke dalam.

Paling aman sebagai acuan adalah, mengenali lapisan tanah yang dicapai ketika membuat sumur bor dan tanah cadas, berbatu, atau pasir, biasanya memiliki sumber air yang baik.

 

Terima kasih sudah mengunjungi website kami. Semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂

 

Related Posts

  • 97
    Meningkatkan Jumlah Air di Bawah Permukaan TanahSeringkali terdapat kesalahan dalam penggunaan air. Air merupakan sumber kehidupan, air juga merupakan sumber daya alam yang terbatas jumlahnya. Maka dari itu kita harus pintar-pintar dalam penggunaan. Salah satunya adalah dengan menghemat air. Menghemat air ini bisa dilakukan dengan berbagai cara tentunya.   Karena jumlah air bersih yang kita ambil…
    Tags: air, yang, dengan, tanah, di, wc, sedot, sleman, mampet, saluran
  • 94
    Solusi Saluran Air MampetSolusi Saluran Air Mampet   Hal yang dilakukan oleh kebanyakan orang ketika mendapati saluran air mampet adalah dengan memsaukkan sebatang besi ke saluran air yang tersumbat. Tahukah Anda, cara manual ini justru bisa jadi memperparah saluran air mampet.     Biasanya orang akan berpikir cepat dan mengambil apapun yang bisa…
    Tags: yang, air, saluran, mampet, dengan, untuk, wc, sedot, sleman, jogja
  • 94
    Jangan Buang Barang Berikut ke Dalam WCMARGO BOR - TUKANG SUMUR JOGJA | SEDOT WC JOGJA | AHLI SUMUR JOGJA | SUMUR BOR JOGJA Kami melayani kami melayani sedot wc penuh dan mampet di wilayah ngaglik sleman, sumur bor. Untuk menggunakan jasa kami Hubungi kami di 081-8201-763 / 0851-0260-0511 Jangan Buang Barang Berikut ke Dalam WC  …
    Tags: yang, wc, sumur, jogja, di, bor, saluran, air, sedot, untuk
  • 94
    MARGO BOR - TUKANG SUMUR JOGJA | SEDOT WC JOGJA | AHLI SUMUR JOGJA | SUMUR BOR JOGJA Kami melayani kami melayani sedot wc penuh dan mampet di wilayah ngaglik sleman, sumur bor. Untuk menggunakan jasa kami Hubungi kami di 081-8201-763 / 0851-0260-0511 Cara Membuat Sumur Bor   Cara membuat sumur…
    Tags: sumur, bor, tanah, jogja, di, dengan, tukang, wc, sedot, mampet
  • 93
    Penyebab WC MampetPENYEBAB WC MAMPET Sedot WC Jogja - Wc yang mampet atau tersumbat biasanya dikarenakan beberapa faktor. Seperti banyak kotoran yang masuk, karena terjadi kebocoran, atau yang lain sebagainya. Untuk itu perlu Nada ketahui beberapa penyebab WC mampet atau tersumbat berikut ini. Hancurkan Tinja dengan Garam Dapur Salah satu penyebab wc…
    Tags: wc, mampet, garam, di, jogja, sedot, yang, sumur, bor, sleman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat