Menu Tutup

Memahami Jenis-Jenis Sumur

Memahami Jenis-Jenis Sumur

jenis sumur

Margo BorMemahami Jenis-Jenis Sumur. Berbeda dengan zaman sebelumnya dimana jenis sumur yang digunakan sangat terbatas, pada zaman sekarang ini, contohnya sumur bor yang digunakan sudah banyak jenisnya dan memiliki keunggulan yang berbeda-beda pula. Untuk menambah pemahaman kamu mengenai jenis-jenis sumur bor yang ada sekarang ini mari simak pembahasan dibawah ini!

 

 

 

1. Sumur Bor

jenis sumur

Biasanya terletak di daerah metropolitan. Untuk membuat sumur bor, diperlukan proses pengeboran menggunakan mesin canggih sampai kedalaman sumur mencapai 100 hingga 150 meter.

Meskipun begitu, kedalaman sumur bor tergantung dengan kapasitas air dan kondisi geologis bangunan yang membutuhkan sumur tersebut.

Banyak bangunan yang hanya membuat sumur bor sedalam 30 meter, tapi banyak juga bangunan lebih besar yang membangun sumur bor yang berkedalaman hingga 200 meter.

Sumur bor memiliki keunggulannya tersendiri, di antaranya adalah prosesnya yang lebih cepat, tingkat kegagalan yang lebih kecil dan lebihnya jumlah air bersih yang bisa ditampung.

2. Sumur Artesis

jenis sumur

Sama seperti sumur bor, sumur artesis merupakan jenis sumur modern yang dibangun menggunakan peralatan canggih.

Mesin pembangun sumur artesis dapat menembus lapisan tanah, kerikil, hingga batu yang susah ditembus dengan secara manual.

Mata bor akan ditancapkan secara vertikal ke dalam tanah hingga menyentuh lapisan aquifer, atau lapisan di mana sumber air mengalir dengan lancar.

Kedalaman sumur ini dapat mencapai 250 meter tergantung dengan kapasitas air yang dibutuhkan.

Biasanya, sumur artesis dibangun di tengah perkomplekan sebagai sumber utama air bersih setempat.

Cara kerja sumur artesis tidak membutuhkan pompa untuk menaikan air ke permukaan tanah karena tenakan air alami pada lapisan aquifer sudah tinggi.

Untuk memiliki sumur ini, kamu harus mengandalkan jasa para profesional karena prosesnya yang tidak mudah dan cukup berbahaya.

Apabila kalkulasi sumur tidak dihitung dengan benar, resiko kebocoran dan meluapnya air keluar dari sumur sangatlah tinggi.

3. Sumur Resapan

Jenis sumur berikutnya adalah sumur yang berfungsi sebagai alat penampung air hujan yang turun ke dalam tanah, yaitu sumur resapan.

Cara membangun sumur satu ini tidak jauh berbeda dengan cara membuat sumur galian yaitu dengan cara manual menggunakan tenaga manusia.

Normalnya sumur ini dibangun di daerah dengan curah hujan yang tinggi demi memaksimalkan fungsinya sebagai alat peresap hujan. Manfaatnya banyak.

Sumur resapan dapat meresap air hujan dengan baik sehingga mencegah terjadinya banjir dan genangan air, menyuburkan tanah, mengurangi sedimentasi, dan mencegah longsor.

Selain itu, sumur resapan juga dapat mengurangi pencemaran air tanah dan menahan intrusi air laut.

4. Sumur Pompa

jenis sumur

Apabila anda mencari solusi sumur yang ekonomis, mungkin sumur ini bisa jadi pilihan anda!

Sumur ini dibuat dengan cara mengebor lapisan tanah hingga mencapai lapisan aquifer atau lapisan sumber air, jadi kedalamannya dapat beragam tergantung dengan lokasi pembangunan.

Untuk menaikan airnya ke permukaan tanah, sumur ini menggunakan pipa hisap yang disambung dengan pompa air manual pada ujung atasnya.

Setelah itu, kamu masih harus mengayuh tuas pompa agar air dapat mengalir keluar melalui lubang pompa.

Walaupun terlihat repot, sumur pompa memiliki kelebihannya sendiri.

Sumur pompa juga tidak membutuhkan listrik untuk berfungsi secara maksimal.

Apabila kamu berniat untuk membangun jenis sumur ini, pastikan untuk merawatnya secara rutin karena bahan pompanya mudah berlumut dan dapat mengkontaminasi sumber air.

5. Sumur Galian

Sumur ini merupakan sumur yang sistemnya sudah dipakai sejak lama.

Ya, apabila kamu tinggal di daerah pedesaan atau pernah mengunjungi sebuah desa, kamu pasti pernah melihat sumur ini.

Seperti namanya, sumur ini dibangun dengan proses penggalian secara menual menggunakan tenaga manusia.

Kedalaman sumur ini mencapai 10 meter, namun pada wilayah yang masih kesusahan air, biasanya sumur ini dapat mencapai kedalaman sehingga 20 meter.

Sumur galian menghasilkan air dengan cara menarik air tanah dangkal.

Hal ini juga merupakan kelemahan sumur galian karena airnya yang rentan terkontaminasi septic tank dan limbah di sekitaran rumah.

Itu lah mengapa lokasi penggalian sumur harus berada jauh dari saluran air WC dan irigasi air sawah sehingga tidak akan mengangkut kotoran dan pestisida.

Jadi, jenis sumur mana yang lebih efisien menurutmu?

Semoga bermanfaat artikelnya ya!

Related Posts

  • 97
    Atasi Sumur Kering Dengan Cara IniATASI SUMUR KERING DENGAN CARA INI Sedot WC Jogja - musim kemarau ini, resiko kekurangan air sangat besar. Sumur-sumur akan terjadi kekeringan atau berkurangnya jumlah air. Biasanya warga menanggapi masalah ini dengan menambah kedalaman sumur. Akan tetapi bagaimana dengan tabungan airnya? Membuat tabungan air adalah solusi jangka panjang untuk menyimpan…
    Tags: sumur, air, dengan, ini, yang, sedot, wc, sleman, tukang, mampet
  • 94
    Sedot WC MaguwoharjoSEDOT WC MAGUWOHARJO Tukang Sumur Jogja - Jasa profesional sedot wc jogja yang handan dan dapat di percaya,jika anda mencari tukang sedot wc sleman,khususnya maguwoharjo/purwomartani yang jujur murah dan terpercaya maka anda masuk dalam tukang sedot wc yang sangat tepat. tujang yang sudah piluhan tahun mealayni penyedotan wc di sleman,penuh…
    Tags: wc, yang, sedot, sumur, mampet, tukang, saluran, bantul, sleman
  • 93
    Alat Saluran Air MampetALAT SALURAN AIR MAMPET Alat Saluran Air Mampet - Pernahkah Anda mengalami saluran air dirumah Anda mampet? Pastinya hal ini sangat menjengkelkan bukan? Apalagi kita tidak punya alat saluran air mampet sendiri. Alhasil kita menggunakan alat seadanya untuk mengarahi saluran air mampet. Tahukah Anda, cara tersebut justru akan memperparah saluran…
    Tags: air, saluran, yang, mampet, dengan, wc, sedot, sleman, tukang, bantul
  • 92
    Mengenal Jenis KlosetMENGENAL JENIS KLOSET Jenis Kloset - Pada artikel sebelumnya sudah kita bahas mengenai kloset, nah pada artikel kali ini masih membahas seputar kloset. Kloset merupakan alat sanitasi untuk membuang air kecil dan tinja manusia. Nah kloset ini memiliki beberapa jenis menurut budaya dan fungsinya loh. Penasaran apa saja? Simak ulasan…
    Tags: yang, ini, air, sumur, mampet, saluran, sleman, wc, tukang, sedot
  • 92
    Cara Atasi Bak Mandi BerlumutCARA ATASI BAK MANDI BERLUMUT Sedot WC Jogja - Kami Jasa Sedot WC yang berada di Jogja, menyediakan jasa sedot WC, pembuatan sumur, dan menangani masalah kamar mandi. Bagi Anda yang sedang membutuhkan jasa kami bisa langsung hubungi kami di 081-8201-763 / 0851-0260-0511. Pada kesempatan kali ini kami jasa sedot…
    Tags: yang, wc, sedot, sumur, air, mampet, sleman, tukang, saluran, bantul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat