Menu Tutup

Pahami Sumur Bor, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangan

Pahami Sumur Bor, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangan

Hasil gambar untuk Pahami Sumur Bor, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangan Margo Bor – Apa Anda tahu apa itu sumur bor untuk memenuhi kebutuhan pasokan air? Penggunaan sumur bor merupakan salah satu alternatif yang dapat Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan air harian Anda. Karena pasa dasarnya persediaan air di tiap daerah itu sendiri tidak sama satu dengan yang lainnya. Dalam hal ini, ketersediaan air juga ditentukan oleh letak geografis titik sumber air tanah pada suatu daerah. Misalnya, pada kedalaman tanah berkisar antara 6 meter hingga 10 meter pada wilayah daerah dataran rendah Anda akan menemukan sumber mata air tanah yang memiliki kualitas sedang. Yuk kita pahami sumur bor, cara kerja, kelebihan dan kekurangan nya.

1.   Pengertian dari Sumur Bor

Air sumur bisa Anda dapatkan dengan cara menggali ke dalam tanah. (Foto: Pixabay)

Air bersih adalah salah satu komoditas yang sangat berharga. Saat ini sudah semakin banyak sumber air yang tercemar akibat olah dari manusia sendiri yang membuang sampah ataupun kotoran lain langsung ke dalam sungai ataupun kali. Dengan tercemarinya sumber air otomatis akan membuat Anda lebih sulit untuk mendapatkan air yang bersih untuk keseharian Anda.

Salah satu cara mudah untuk mendapatkan air adalah dengan menggunakan sumur bor. Dilansir dari Wikipedia, sumur bor adalah salah satu proses penggalian tanah yang dilakukan agar bisa mendapatkan sumber mata air yang berada di dalam tanah.

Cara Mengurus IMB Online

Mengurus Sertifikat Tanah, Hukum dan Pajak Properti

Pada zaman dahulu kala, cara termudah untuk mendapatkan sumber air paling sederhana adalah dengan cara menggali ke dalam tanah secara manual menggunakan cangkul ataupun peralatan lainnya. Cara ini memang membutuhkan waktu yang jauh lebih lama daripada saat ini ketika mesin bor sudah tersedia.

Berkat kemajuan teknologi, siapa saja saat ini sudah bisa mengetahui posisi dan kedalaman dari sumber mata air dengan mudah dengan memanfaatkan teknologi sensor. Anda bisa dengan mudah mendapatkan posisi penggalian yang pas dan langsung menggalinya dengan menggunakan mesin sumur bor yang bertenaga.

2.   Saat Cari Hunian, Perhatikan Sumber Mata Airnya

Sumber mata air yang baik dan bersih sangat penting bagi rumah Anda. (Foto: Pixabay)

Salah satu hal yang sangat berkesan ketika akan membeli sebuah rumah adalah ketika Anda sedang berkeliling dan melihat-lihat berbagai perumahan yang sedang dijual. Anda memang tidak boleh terburu-buru ketika akan membeli sebuah rumah karena ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar tidak menyesal di kemudian hari.

Selain melihat desain dari rumah tersebut, Anda juga harus memperhatikan sumber mata air di lingkungan tempat tinggal yang akan Anda huni tersebut.

3. Pentingnya Sumur Bor Sebagai Sumber Mata Air

Air bersih mempunyai banyak manfaat bagi Anda dan keluarga. (Foto: Pexels)

Umumnya, pada sebuah perumahan besar sudah menggunakan air PAM atau Perusahaan Air Minum sebagai sumber aliran air utamanya. Memang benar dengan memanfaatkan PAM sebagai sumber air di rumah tidak membutuhkan proses yang panjang dan Anda bisa membayar biaya berlangganan setiap bulannya.

Akan tetapi, penggunaan air PAM seringkali terkendala oleh berbagai hal dan yang lainnya. Anda harus tetap memiliki sumber mata air untuk di rumah Anda sendiri sebagai solusi yang paling utama.

a.  Sumber Air Gratis

Dengan memanfaatkan sumur bor maka Anda bisa mendapatkan sumber air sendiri di rumah Anda secara gratis tanpa harus membayar biaya penggunaan setiap bulannya. Biaya yang harus Anda keluarkan hanyalah biaya untuk menggali sumur di rumah Anda, biaya listrik pompa air setiap bulannya dan biaya perawatan pompa di rumah Anda.

b.   Air Tanah Baik Bagi Tubuh

Tanah merupakan salah satu bentuk saringan yang baik. Air tanah yang masih belum tercemar sangatlah baik bagi tubuh. Air dari dalam tanah mengandung banyak mineral yang penting bagi kesehatan dari kulit apabila Anda menggunakannya untuk mandi. Air tanah juga bisa Anda konsumsi asalkan melalui proses pemasakan yang benar dan hingga mendidih.

c.   Air Tanah Bisa Disimpan di Dalam Toren Air

Anda bisa menampung air tanah yang sudah dipompa oleh menggunakan mesin ke dalam sebuah toren air. Semakin besar toren yang Anda miliki maka otomatis air yang bisa Anda simpan menjadi lebih banyak dan akan bisa digunakan apabila rumah sedang mengalami mati listrik.

Tip Rumah
Gunakan pompa dengan kapasitas yang tinggi agar air bisa diambil dengan cepat dan dalam volume yang lebih banyak.

4.   Bagaimana Cara Kerja Sumur Bor?

Sumber air bisa tercemar apabila terdapat tempat pembuangan sampah di dekat Anda. (Foto: Pexels)

Salah satu cara mudah untuk mendapatkan sumber air bersih adalah dengan memanfaatkan sumur bor. Dengan menggunakan metode sumur bor maka Anda bisa mendapatkan sumber mata air dalam yang lebih bersih dan kecil kemungkinan untuk tercemar oleh polutan asing yang ada. Dilansir dari Wikihow, inilah cara kerja untuk mendapatkan air dari sumur bor:

a.   Perencanaan Biaya Membuat Sumur Bor

Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah merencanakan berapa besar biaya yang harus Anda keluarkan untuk membuat sumur bor di rumah Anda. Carilah referensi harga dan biaya kerja melalui berbagai forum daring agar Anda bisa menyiapkan terlebih dahulu biaya yang diperlukan agar tidak terjadi kekurangan saat proses penggalian sudah berjalan.

b.   Menentukan Kedalaman dari Sumur Bor

Anda harus menentukan kedalaman dari sumur bor yang akan Anda gali. Perhatikan terlebih dahulu kondisi tempat tinggal yang ada di sekitar Anda karena semakin padat lingkungan rumah Anda maka otomatis Anda akan membutuhkan sumur yang lebih dalam agar bisa mendapatkan air yang lebih bersih dan tidak tercemar.

Semakin dalam sumur yang akan Anda gali maka otomatis biaya yang harus Anda keluarkan akan semakin besar dan pompa air tanah yang Anda butuhkan juga membutuhkan kemampuan yang jauh lebih baik. Minimal pengeboran untuk mendapatkan air tanah yang bersih adalah Anda harus menggali sedalam 50 meter.

c.   Ketahui Kondisi Tanah Terdahulu Sebelum Rumah Anda di Bangun

Dengan mengetahui kondisi tanah terdahulu maka Anda bisa mengetahui kualitas dari air tanah yang terdapat di dalamnya. Apabila pada dahulu kala tempat tinggal Anda merupakan rawa-rawa maka pada umumnya air tanah akan cenderung lebih kotor dan membutuhkan penyaringan yang baik.

d.   Gunakan Pompa yang Baik Agar Tahan Lama

Setelah tanah sudah di bor maka Anda membutuhkan sebuah pompa air yang memilki kekuatan sesuai dengan kedalaman dari sumber air yang ada. Pastikan agar pompa Anda memiliki spesifikasi yang sesuai agar jumlah tekanan air yang diambil bisa mengalir dengan baik menuju tempat penyimpanan air di rumah Anda.

5.   Kelebihan dan Kekurangan Sumur Bor

Sumur bor mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri. (Foto: Pexels)

Mempunyai sumber mata air sumur bor di rumah Anda adalah salah satu hal yang sangat baik. Anda bisa memanfaatkan sumber air tersebut dengan baik tanpa harus banyak memikirkan biaya yang Anda keluarkan setiap bulannya. Di bawah ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari memakai sumur bor pada rumah Anda:

a.   Kelebihan Sumur Bor

Kelebihan paling utama dalam menggunakan sumur bor adalah Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan setiap bulannya untuk membayar penggunaan air di rumah Anda. Selain itu juga air sumur bor yang tidak tercemar umumnya tidak memiliki bau dan lebih aman bagi tubuh karena tidak terdapat campuran kandungan kimiawi di dalam air.

b.   Kekurangan Sumur Bor

Kekurangan yang paling penting dalam menggunakan sumur bor adalah sangat bergantung kepada sumber tenaga listrik. Apabila rumah Anda sedang mengalami mati listrik mata otomatis pompa air tidak akan bisa bekerja dan Anda tidak akan bisa mengambil air dari dalam tanah sama sekali. Anda juga harus lebih bijak dalam menggunakan air karena tidak adanya biaya yang harus Anda keluarkan untuk pemakaian air setiap bulannya. Dengan bijak menggunakan air maka Anda bisa berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam lingkungan.

Related Posts

  • 95
    Tips Cari Tahu Kedalaman Sumur Ideal untuk Dapatkan Air Besih Margo Bor – Membuat sumur bor sebagai sumber air bersih yang baik tidak dapat di ukur dengan ketentuan kedalaman berapa yang harus dicapai. Karena pada setiap wilayah akan memiliki perbedaan geografis yang juga mempengaruhi tingkat kedalaman mata air tanah yang…
    Tags: air, sumur, yang, dengan, di, tanah, bor, cara, ahli, jasa
  • 94
    Jadikan Kamar Mandi Sebagai Tempat Relaksasi Yang MenyenangkanJadikan Kamar Mandi Sebagai Tempat Relaksasi Yang Menyenangkan Margo Bor – Setelah lelah seharian beraktivitas di luar rumah, sebelum menikmati istirahat yang nyenyak di tempat tidur, membersihkan tubuh terlebih dahulu akan membuat kita lebih segar dan tidur dengan pulas. Tapi sadarkah Anda, selain untuk membersihkan tubuh, kamar mandi juga bisa…
    Tags: anda, yang, dan, bisa, dengan, sumur, bor, jasa, membuat, cara
  • 94
    Jadikan Kamar Mandi Sebagai Tempat RelaksasiJadikan Kamar Mandi Sebagai Tempat Relaksasi Margo Bor – Kamar mandi kini tak hanya sebagai tempat membersihkan diri, tetapi juga relaksasi sejenak dari rutinitas. Dengan penataan yang tepat, bukan tak mungkin, kamar mandi jadi area favorit di dalam rumah. Pernahkah Anda merasakan gerah dan lelahnya tubuh setelah beraktivitas seharian, hilang seketika setelah mandi?…
    Tags: anda, yang, dan, bisa, dengan, sumur, bor, jasa, membuat, cara
  • 93
    Shower kamar mandi Anda - sebuah spa berdiriShower kamar mandi Anda - sebuah spa berdiri Margo Bor – Merancang ruang shower merupakan kesempatan untuk benar-benar memikirkan tentang perasaan yang ingin Anda ciptakan dan cara menggunakan ruang shower tersebut. Inovasi dalam hal teknologi dan bahan telah mengubah apa yang dapat Anda miliki; Anda dapat memiliki shower cantik dengan…
    Tags: anda, yang, dan, di, sumur, bor, jasa, membuat, cara, ahli
  • 93
    4 Elemen Ini Bikin Kamar Mandi Terasa Nyaman Dan Bersih Margo Bor – Kamar mandi adalah area privat yang harus selalu terjaga kebersihan dan kenyamanannya. Namun karena fungsinya yang tidak terlepas dengan air, tak jarang membuat kamar mandi jadi rentan rusak dan kotor. Memilih material yang tepat saja belum cukup…
    Tags: yang, dan, anda, dengan, sumur, bor, jasa, membuat, cara, ahli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat