Menu Tutup

Resiko Bak Mandi Bocor

Resiko Bak Mandi Bocor

Resiko Bak Mandi BocorRESIKO BAK MANDI BOCOR

Bak Mandi Bocor – Bak mandi bocor adalah hal yang sangat menjengkelkan. Akibatnya bak mandi tidak bisa digunakan untuk menampung air lagi. Agar tidak terjadi masalah bak mengalami kebocoran ini, Anda harus segera atasi dengan cara mudah yang akan kami ulas pada artikel kali ini. Nah berikut kami akan berbagi tips cara mengatasi bak mandi bocor.

Cara Mengatasi Bak mandi Bocor

Setiap hunian sudah pasti memiliki kamar mandi dan bak mandi di dalamnya. Bak mandi sendiri ada banyak macamnya. Salah satunya adalah bak mandi keramik yang dikenal dengan kekuatannya. Tapi, tetap saja tidak ada yang betul-betul sempurna.

memperbaiki bak mandi bocor

Permasalahan yang kerap muncul dari bak mandi keramik entah pada pemasangannya yang kurang baik atau pada kurun waktu yang lama pasti dapat juga terjadi kebocoran. Kalau sudah bocor, apa yang bisa kamu lakukan untuk memperbaikinya? Simak artikel Kania berikut ini yuk!

1. Deteksi Letak Kebocoran Bak Mandi

bak mandi bocor

Beberapa hal yang menyebabkan kebocoran bak mandi dapat disebabkan oleh pengaruh luar seperti kejatuhan benda keras ataupun gerakan tanah seperti gempa bumi. Namun, bila kebocoran terjadi karena umur bak mandi yang sudah lama dan terjadi retakan kecil, cara mencari kebocorannya pertama-tama adalah dengan mengisi bak mandi keramik hingga penuh. Pastikan sumber kebocoran hanya sampai batas dinding atau dasar bak mandi.

bak mandi bocor skandinavia

Caranya adalah dengan melihat batas ambang maksimal air tersebut surut ketika dalam posisi diisi penuh. Jika habis tak bersisa, maka sudah dapat dipastikan kebocoran tersebut ada di dasar bak. Tapi jika masih bersisa walaupun hanya 0.5 cm maka kebocoran tersebut ada pada bagian dinding bak.

Coba raba letak kebocoran bak mandi, fokuskan ke sisi dalam dari letak remebesan tersebut. Biasanya, terdapat nat (lapisan di sela-sela) keramik yang lepas ataupun permukaan keramik yang sedikit amblas. Dari sini dapat ditemukan di mana letak kebocorannya.

2. Buat Lubang pada Bak Mandi Supaya Lebih Mudah Diperbaiki

bak mandi bocor lubang

Kenapa malah membuat lubang? Hal ini dilakukan bilamana titik kebocoran pada bak mandi terlalu kecil. Lubang harus dibuat sedikit lebar, supaya proses penambalan dapat lebih baik. Pembuatan lubang ini juga dapat lebih merapikan retak kebocoran pada bak mandi sehingga pada saat penambalan maka hasil tambalan akan terlihat lebih rapi.

Gunakan cutter (pemotong) atau benda tajam lainnya untuk memperlebar titik bocor tersebut. Buatlah secara hati-hati serta secukupnya saja.

3. Proses Penambalan Bak Mandi

Keramik Retak Atau Pecah

bak mandi keramik retak

Ini merupakan masalah paling umum pada bak mandi yang bocor. Banyak yang langsung mengambil tindakan dengan mengganti keramik kamar mandi yang pecah dengan menggantinya secara utuh. Kalau hanya mengalami sedikit keretakan, menambal adalah salah satu solusi yang mudah dan murah.

Cukup siapkan semen abu-abu, lem semacam fox atau lem silikon untuk akuarium dan benda kecil seperti sapu lidi juga cairan anti-air. Ambillah semen abu-abu dan campurkan dengan lem atau ambil saja lem silikon aquarium, lalu sisipkan pada bagian yang retak. Gunakan sapu lidi untuk menyisipkan lem pada bagian-bagian yang retak.

Nat yang Terkelupas

Hal-hal yang menyebabkan nat terkelupas adalah lubang nat telah rapuh lalu dibiarkan hingga waktu yang lama, akhirnya menimbulkan kerusakan pada bagian bawah keramik. Baiknya, kamu melepas keramik di sekitar nat tersebut kemudian membersihkan bagian dindingnya.

bak mandi nat terkelupaspinterest.com

Bahan yang digunakan sama dengan bahan untuk menambal keramik yang retak. Setelah melepas keramik, lapisi lapisan di permukaan dinding dan rekatkan kembali keramik yang tadi telah dilepas dengan menggunakan semen dan gunakan campuran semen putih dan lem untuk menambal nat pinggiran keramik.

Keramik yang Amblas

Keramik amblas ini bisa terjadi pada jenis bathtub apa saja. Biasanya, hal ini terjadi saat pengaplikasian adonan semen dan pasir kurang baik. Untuk mengatasinya, lepaskan keramik dan tambahkan adonan semen baru untuk membuat permukaan keramik sejajar dengan keramik yang lainnya. Isilah nat dengan menggunakan semen putih dan lem.

4. Proses Pengeringan Bak Mandi

bak mandi plesteran cat

Setelah melapisi bak mandi dengan cairan anti-air, tunggu tambalan selama 3 hingga 4 hari supaya mengering. Setelah plesteran benar-benar 100% mengering dan mengeras, lapisi bagian bak mandi dengan pelapis anti-air pada seluruh permukaan bagian dalam bak mandi. Untuk pinggiran bawah serta sudut bak atau rongga yang cukup besar, gunakan serat fiber. Tunggu kembali selama 2 hari hingga mengering, lalu ulangi sekali lagi pelapisan tersebut.

5. Merapikan Tambalan Bak Mandi

bak mandi bocor tambalan

Hal yang tidak boleh dilewatkan setelah proses penambalan bak mandi yang bocor adalah merapikannya. Siapkan cutter atau alat yang digunakan untuk merapikan semen atau lem tadi. Biasanya, setelah proses penambalan bak mandi yang bocor, akan terdapat beberapa tonjolan yang dapat merusak pemandangan.

Potong beberapa bagian yang menonjol tersebut dan ratakan setiap bagiannya sehingga bak mandi yang telah ditambal tidak akan terlihat lebih berantakan dan rapi. Karena kamar kamar mandi yang rapi adalh kunci dari membangun kamar mandi yang nyaman.

6. Lakukan Percobaan atau Tes

bak mandi bocor rembesan air

Setelah tambalan pada bak mandi kering, cek apakah masih ada bagian yang bocor atau proses penambalan yang belum sempurna. Bila proses penambalan bak mandi yang bocor masih belum sempurna, misalnya seperti plesteran yang tidak 100% mengering, pasti terdapat kebocoran di sudut yang kita tambal berupa semacam rembesan air. Rembesan air yang menggenang sangat berbahaya, makanya saat mendesain kamar mandi, dianjurkan memakai keramik kamar mandi yang anti selip.

Ada baiknya untuk membuat lubang pembuangan di bagian dasar sehingga pengurasan bak mandi menjadi jauh lebih mudah. Hindari menggunakan sikat yang keras saat membersihkan kamar mandi agar tidak terjadi kebocoran.

MARGO BOR – TUKANG SUMUR JOGJA | SEDOT WC JOGJA | AHLI SUMUR JOGJA | SUMUR BOR JOGJA Kami melayani kami melayani sedot wc penuh dan mampet di wilayah ngaglik sleman, sumur bor. Untuk menggunakan jasa kami Hubungi kami di 081-8201-763 / 0851-0260-0511

 

Related Posts

  • 87
    Selamat datang di tukang saluran mampet sleman Tukang saluran mampet di sleman layanan dari www.sumurborjogja-sedotwc.com margo bor jasa pak Dani untuk sekarang ini banyak jasa yang menawarkan untuk perbaikan saluran yang bernasalah seperti saluran wastafel mampet,wc mampet,kamar mandi mampet dll, namun bukan berarty mereka selalu langsung tukang saluran,maupun hanya sebagai…
    Tags: mampet, yang, saluran, untuk, tukang, sleman, dan, mandi
  • 84
    YANG MENYEBABKAN KAMAR MANDI BAU Kamar Mandi Bau - Menciptakan kamar mandi yang bersih memang hal yang susah-susah gampang. Seringkali kita sudah membersihkan kamar mandi tapi tetap saja kamar mandi kita bau. Sebenarnya apakah faktor penyebab kamar mandi bau? Mari kita pecahkan! Ganti alat pembersih kamar mandi Biasanya di dalam…
    Tags: mandi, yang, dan, mampet, saluran, sleman, tukang
  • 82
    mungkin anda yang masuk dalam web kami ini menginginkan sebuah informasi mengenai penanganan saluran yang mampet di rumah anda, kami adalah sebuah layanan tukang mengatasi saluran mampet di sleman  dengan layanan kami yang satu ini anda tidak perlu lagi pusing dalam memikirkan penanganan saluran yang mampet di rumah anda, cukup…
    Tags: mampet, saluran, yang, dengan, untuk, tukang, sleman
  • 81
    Selamat datang di Tukang Ahli Spesialis Saluran Mampet Di Wilayah Sleman 0818 2017 63 Layanan dari sedot wc sleman yang juga merupakan tukang ahli mengatasi saluran mampet di sleman siap untuk membantu mengatasi problem mengenai saluran yang mampet di wilayah sleman dengan harga yang terjangkau.untuk anda yang sedang dalam kesulitan…
    Tags: saluran, mampet, yang, untuk, sleman, tukang, mandi
  • 79
    tukang spesialis saluran mampet sleman.. saluran wc/wastafel/kamar mandi anda mampet.? ga usah bingung mencari tukang saluran mampet di sleman,karena ada kami disini.siap membantu mengatasi problem saluran yang mampet di kawasan sleman jogjakarta,saluran mampet bisa di sebabkan karena kurang guyuran air,tersumbat akan sesuatu di dalam peralon atau bisa karena lemak dari…
    Tags: saluran, mampet, tukang, sleman, yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat