Menu Tutup

Syarat Fisik Sumur Sesuai Standard Kesehatan

 

Proses perembesan bahan pencemar kedalam sumur gali, seperti pencemaran oleh tinja (bakteri coliform), antara lain ditentukan oleh struktur fisik bangunan saran sumur gali. Syarat kesehatan pada sarana air bersih khususnya sumur menurut Departemen Kesehatan RI (1995) harus diberi beberapa komponen untuk mencegah terjadinya kontaminasi pada air sumur.

 

Adapun fungsi dari beberapa komponen sumur gali adalah sebagai berikut (Depkes, RI, 1998):

  1. a. Bibir sumur gali berfungsi sebagai pelindung keselamatan bagipemakai dan untuk mencegah masuknya limpahan air/pencemaran kedalam sumur.
  2. b. Dinding sumur berfungsi mencegah merembesnya pencemar yang berasal dari permukaan tanah maupun dari samping, juga sebagai penahan tanah supaya tidak terkikis atau longsor.
  3. c. Lantai sumur berfungsi untuk mencegah merembesnya air buangan ke dalam sumur dan sebagai tempat untuk melakukan aktifitas di sumur.
  4. d. Saluran pembuangan air limbah berfungsi untuk menyalurkan air limbah ke tempat pembuangan yang jauh dari sumur.

 

Kritera sumur yang memenuhi syarat kesehatan ialah :

  1. 1. Dinding sumur minimal sedalam 3 m dari permukaan lantai/tanah, dibuat dari tembok yang tidak tembus air/bahan kedap air dan kuat( tidak mudah retak/longsor) untuk mencegah perembesan air yang telah tercemar ke dalam sumur. Ke dalaman 3 m diambil karena bakteri pada umunya tidak dapat hidup lagi.
  2. 2. Kira-kira 1,5 m berikut ke bawah, dinding dibuat dari tembok yang tidak disemen, tujuannya untuk mencegah runtuhnya tanah.
  3. 3. Diberi dinding tembok (bibir sumur), tinggi bibir sumur ± 1 meter dari lantai, terbuat dari bahan yang kuat dan kedap air untuk mencegah agar air sekitarnya tidak masuk ke dalam sumur, serta juga untuk keselamatan pemakai.
  4. 4. Lantai sumur disemen/harus kedap air, mempunyai lebar di sekeliling sumur ± l,5 m dari tepi bibir sumur, agar air permukaan tidak masuk. Lantai sumur tidak retak/bocor, mudah dibersihkan, dan tidak tergenang air, kemiringan 1-5% ke arah saluran pembuanagan air limbah agar air bekas dapat dengan mudah mengalir ke saluran air limbah.
  5. 5. Sebaiknya sumur diberi penutup/atap agar air hujan dan kotoran lainnya tidak dapat masuk ke dalam sumur, dan ember yang dipakai jangan diletakkan di bawah/lantai tetapi digantung.
  6.  6. Adanya sarana pembuangan air limbah. Sarana pembuangan air limbah harus kedap air, minimal 2% ke arah pengolahan air buangan/peresapan.
  7. 7. Sebaiknya air sumur diambil dengan pompa.

 

Informasi sumur bor dan sedot wc lebih lanjut segera hubungi Kami sekarang juga.

Margo Bor Jasa 081-8201-763 / 0811-2653-453.

Related Posts

  • 95
    TIPS MENGATASI SUMUR KERING Tips Mengatasi Sumur Kering - musim kemarau ini, resiko kekurangan air sangat besar. Sumur-sumur akan terjadi kekeringan atau berkurangnya jumlah air. Biasanya warga menanggapi masalah ini dengan menambah kedalaman sumur. Akan tetapi bagaimana dengan tabungan airnya? Membuat tabungan air adalah solusi jangka panjang untuk menyimpan air…
    Tags: sumur, air, jogja, yang, untuk, wc, sedot, mampet, sleman, saluran
  • 95
    Salah satu penyebab bak mandi bocor adalah karena retakan atau kerenggangan antara keramik. Dan masih banyak lagi penyebab bak mandi bocor. Hal ini menyebabkan air merembes. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi bak mandi yang bocor. Simak ulasan berikut ini :   Alat serta bahan yang Anda butuhkan untuk menambal…
    Tags: dan, untuk, jogja, sumur, ke, air, yang, wc, sedot, mampet
  • 94
    Toilet tersumbat merupakan hal yang sangat menjengkelkan. Dan hal ini harus segera diatasi. Tahukah Anda, jika toilet tersumbat bisa diatasi sendiri? Tanpa harus memanggil ahli sedot wc, Anda bisa mengatasi dengan benda dan bahan disekitar Anda. Kok bisa? Yuk intip ulasan singkat kami ini. Selamat membaca. 1. Sabun cuci piring…
    Tags: dan, yang, ke, air, sumur, jogja, wc, sedot, mampet, sleman
  • 93
    Kamar mandi merupakan suatu tempat yang paling lembab. Maka dari itu kamar mandi identik dengan tempat sarang kuman dan bekteri. Tentunya dalam menyikapi hal ini kita harus rutin dalam pembersihan kamar mandi. Nah sebelumnya alangkah lebih baik kita mengetahui bagaimana ciri kamar mandi yang sehat.   Sinar matahari bebas masuk.…
    Tags: yang, jogja, dan, sumur, sedot, wc, mampet, sleman, saluran, tukang
  • 93
    Tahukah kamu, jika Anda mengalami penyumbatan saluran air atau kloset tersumbat, maka kita bisa manfaat bahan kimia untuk mengatasinya. Bahan kimia apa? Iya, soda api bisa digunakan untuk mengatasi peyumbatan saluran air. Bagaimana caranya? Berikut adalah tips nya :)   1. Siapkan soda api secukupnya, jangan terlalu banyak namun jangan…
    Tags: air, saluran, untuk, dan, yang, sumur, jogja, mampet, ke, wc

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat