Menu Tutup

Syarat Sumur Standar Kesehatan

SYARAT SUMUR STANDAR KESEHATAN

Margo Bor Jogja – Proses perembesan bahan pencemar kedalam sumur gali, seperti pencemaran oleh tinja (bakteri coliform), antara lain ditentukan oleh struktur fisik bangunan saran sumur gali. Syarat kesehatan pada sarana air bersih khususnya sumur menurut Departemen Kesehatan RI (1995) harus diberi beberapa komponen untuk mencegah terjadinya kontaminasi pada air sumur.

Adapun fungsi dari beberapa komponen sumur gali adalah sebagai berikut (Depkes, RI, 1998):

  1. Bibir sumur gali berfungsi sebagai pelindung keselamatan bagipemakai dan untuk mencegah masuknya limpahan air/pencemaran kedalam sumur.
  2. Dinding sumur berfungsi mencegah merembesnya pencemar yang berasal dari permukaan tanah maupun dari samping, juga sebagai penahan tanah supaya tidak terkikis atau longsor.
  3. Lantai sumur berfungsi untuk mencegah merembesnya air buangan ke dalam sumur dan sebagai tempat untuk melakukan aktifitas di sumur.
  4. Saluran pembuangan air limbah berfungsi untuk menyalurkan air limbah ke tempat pembuangan yang jauh dari sumur.

 

Kritera sumur yang memenuhi syarat kesehatan ialah :

  1. Dinding sumur minimal sedalam 3 m dari permukaan lantai/tanah, dibuat dari tembok yang tidak tembus air/bahan kedap air dan kuat( tidak mudah retak/longsor) untuk mencegah perembesan air yang telah tercemar ke dalam sumur. Ke dalaman 3 m diambil karena bakteri pada umunya tidak dapat hidup lagi.
  2. Kira-kira 1,5 m berikut ke bawah, dinding dibuat dari tembok yang tidak disemen, tujuannya untuk mencegah runtuhnya tanah.
  3. Diberi dinding tembok (bibir sumur), tinggi bibir sumur ± 1 meter dari lantai, terbuat dari bahan yang kuat dan kedap air untuk mencegah agar air sekitarnya tidak masuk ke dalam sumur, serta juga untuk keselamatan pemakai.
  4. Lantai sumur disemen/harus kedap air, mempunyai lebar di sekeliling sumur ± l,5 m dari tepi bibir sumur, agar air permukaan tidak masuk. Lantai sumur tidak retak/bocor, mudah dibersihkan, dan tidak tergenang air, kemiringan 1-5% ke arah saluran pembuanagan air limbah agar air bekas dapat dengan mudah mengalir ke saluran air limbah.
  5. Sebaiknya sumur diberi penutup/atap agar air hujan dan kotoran lainnya tidak dapat masuk ke dalam sumur, dan ember yang dipakai jangan diletakkan di bawah/lantai tetapi digantung.
  6.  Adanya sarana pembuangan air limbah. Sarana pembuangan air limbah harus kedap air, minimal 2% ke arah pengolahan air buangan/peresapan.
  7. Sebaiknya air sumur diambil dengan pompa.

 

Related Posts

  • 75
    SOLUSI AIR SUMUR MELIMPAH Margo Bor - Sumur bor adalah salah satu jenis sumur buatan yang dibuat dengan bantuan alat bor untuk mencapai kedalaman sumur yang cukup sehingga akan bertemu dengan sumber air tanah yang melimpah. Suplai air pada dasarnya sangat melimpah karena sebagian besar bumi ini  memiliki wilayah perairan yang…
    Tags: yang, air, sumur, untuk
  • 64
    CIRI AIR TANAH SUMUR Air Tanah - Kesehatan lingkungan adalah suatu kondisi atau keadaan lingkungan yang optimum sehingga berpengaruh terhadap terwujudnya status kesehatan yang optimal, yang memiliki ruang lingkup antara lain: perumahan sehat, pembungan tinja, penyediaan air bersih, pembuangan limbah padat maupun cair, pengelolaan sampah, dan pengendalian vektor penyakit (Notoatmojo,…
    Tags: air, yang, sumur
  • 63
    Sumur Bor Solusi untuk Sumber Air Melimpah Sumur bor adalah salah satu jenis sumur buatan yang dibuat dengan bantuan alat bor untuk mencapai kedalaman sumur yang cukup sehingga akan bertemu dengan sumber air tanah yang melimpah. Suplai air pada dasarnya sangat melimpah karena sebagian besar bumi ini  memiliki wilayah perairan yang…
    Tags: yang, air, untuk, sumur
  • 60
    3 SYARAT KEDALAMAN SUMUR Kedalaman Sumur - Berapa kedalaman ideal pada sumur bor? Mungkin ini adalah pertanyaan umum yang semua orang akan pertanyakan. Sumer mata air terbaik dapat ditemukan dengan membuat lubang sumur bor. Pada kedalaman tanah berkisar antara 6 meter hingga 10 meter pada wilayah daerah dataran rendah kita akan…
    Tags: yang, air, sumur, untuk
  • 57
      Seperti yang kita ketahui bahwa jenis dan cara pembuatan sumur sangat beragam. Yaitu sumur bor, sumur gali, sumur suntik dan lain sebagainya. Dari masing-masing jenis sumur ini memiliki manfaat tersendiri. Lantas apa saja manfaat dari sumur bor? Berikut ulasannya.   Fungsi Sumur Bor   Pembuatan Sumur Bor sangat dibutuhkan…
    Tags: sumur, yang, air, untuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat